Fakta Terjadinya Revolusi Rumania yang Parah, Presiden dan Istrinya Dihukum Mati

Fakta Terjadinya Revolusi Rumania yang Parah, Presiden dan Istrinya Dihukum Mati

Taukah kalian apa itu Revolusi Rumania? Revolusi ini terjadi pada tahun 1989 tepatnya bulan Desember. 

Ini merupakan kerusuhan yang berlangsung selama seminggu di Rumania. Kerusuhan ini lalu menumbangkan rezim komunis Nicolae Ceausescu.

Ada banyak jumlah korban akibat kerusuhan ini gengs. Tehitung lebih dari 1 juta jiwa yang tewas waktu protes penurunan Nicolae Ceausescu.

Revolusi Romania (wikipedia.org)

Sementara itu, korban luka ada lebih dari 3 juta orang saat Ceausescu masih berkuasa dan sisanya setelah adanya FSN. FSN sendiri adalah struktur politik baru atau Garda Penyelamatan Nasional.

Nggak cuma itu aja loh. Bahkan, Nicolae Ceausescu juga dihumum mati. Pada 21 Desember 1989, ia melakukan pidato terakhir di Bukarest. Saat pidato itu ia banyak disuit-suitin sama masyarakat yang membencinya.

Foto tentara di masa Revolusi Romania (tempo.co)

Abis tanggal 22 Desember 1989, rezim Nocolae udah runtuh sebenernya. Tapi, keadaannya masih kacau. Tentara banyak yang nembak rakyat biasa dan saling bunuh.

Kemudian, pada 25 Desember 1989, Nicolae Ceausescu dan Elena sang istri dieksekusi mati sama pihak militer. Penyebabnya, karena mereka terbukti lakuin kejahatan pada negara. Kejahatan itu ialah genosida alias pembunuhan masal pada demnstran, korupsi, dan penyelundupan uang. 

Ceausescu jadi presiden Rumania sejak 9 Desember 1967. Artinya, dia udah berkuasa selama 22 tahun. Kalo pemerintahannya baik sih mungkin masih mending. Tapi, Ceausescu ini adalah pemimpin yang diktator.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"