Fakta Tentang Reog Ponorogo, Kesenian Asli Indonesia yang Mendunia

Fakta Tentang Reog Ponorogo, Kesenian Asli Indonesia yang Mendunia

Reog merupakan kesenian asli Indonesia, atau lebih spesifiknya, merupakan kesenian asli Ponorogo. Reog merupakan sebuah topeng dengan ukuran sangat besar dan cara memakainya adalah dengan menggigit pegangan yang ada di balik topeng raksasa ini.

Selain dikenal sebagai kesenian yang masih cukup kental dengan hal-hal yang berbau mistik serta ilmu kebatinan, reog ternyata menjadi pertunjukan yang terkenal di Indonesia, Biasanya reog Ponorogo ditampilkan dalam acara penyambutan ataupun dalam sebuah arak-arakan dan karnaval.

Yuk kita kenal lebih dalam mengenai budaya asal kota ponorogo ini, biar kita ada kontribusi dalam melestarikan budaya asli Indonesia!

1. Asal usul Reog

https://cdn.idntimes.com/content-images/

Reog pada asal mulanya merupakan pesan kritis serta sindiran pada raja Kerthabumi. Ki Ageng Kutu, abdi kerajaan di masa Bhre Kertabhumi, Raja Majapahit terakhir yang berkuasa pada abad 15. Ki Ageng Kutu marah karena adanya pengaruh kuat dari pihak istri Raja Majapahit yang berasal dari Tiongkok, dan ia juga marah terhadap rajanya yang berada dalam pemerintahan yang korup. Melihat segala hal ini, ia berasumsi Kerajaan Majapahit akan berakhir.

Ki Ageng Kutu kemudian meninggalkan sang raja yang kemudian mendirikan sebuah perguruan yang mengajarkan ilmu bela diri kepada anak-anak muda, ilmu kekebalan serta kesempurnaan dengan harapan anak-anak muda ini menjadi bibit dari kebangkitan Majapahit. Sadar tidak memiliki kekuatan melawan kerajaan

2. Pementasan



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"