Fakta Pangeran Philip: Meninggal Dunia Jelang Usia 100 Tahun dan Punya Lisensi Pilot

Fakta Pangeran Philip: Meninggal Dunia Jelang Usia 100 Tahun dan Punya Lisensi Pilot

Kerajaan Inggris tengah berduka. Pangeran Philip, suami Ratu Elizabeth II meninggal dunia pada hari Jumat (9/4/2021) dalam usia 99 tahun. Berita meninggalnya Pangeran Philip ini dikonfirmasi oleh pihak Istana Buckingham sebagaimana dilansir dari kantor berita AFP.

Sebelumnya Pangeran Philip sudah dirawat inap selama sebulan setelah dibawa ke rumah sakit pada 16 Februari 2021. Saat itu ia dirawat karena sakit jantung yang sudah lama dideritanya dan juga infeksi.

Kematiannya menjelang usia 100 tahun pada 10 Juni mendatang menyisakan banyak duka. Semasa hidupnya, Pangeran yang punya gelar Duke of Edinburgh ini punya banyak fakta menarik, seperti dirangkum oleh Paragram berikut ini.

1. Pensiun di Usia 96 Tahun, Meninggal di Usia 99 Tahun

Pangeran Philip menikah dengan Ratu Elizabeth II selama hampir 8 dekade. Ia kemudian pensiun dari tugas-tugasnya di Kerajaan Inggris pada tahun 2017 ketika berusia 96 tahun.

Di masa pensiunnya, kesehatannya mulai menurun. Pangeran Philip sempat menjalani perawatan intensif di awal tahun 2021 karena penyakit jantung yang sudah lama dideritanya.

Pangeran Philips (AFP)

2. Bertemu Dengan Ratu Elizabeth di Usia 13 Tahun

Sejak kecil, Pangeran Philips dikenal sebagai siswa yang tajam dan mendapat julukan sebagai 'orang yang tahu segalanya'. Setelah masa studinya selesai, ia mendaftar sebagai kadet angkatan laut di Royal Naval di Dartmouth.

Philip dan Elizabeth bertemu pertama kali di sebuah pernikahan pada tahun 1934. Dari situ keduanya mulai bertukar surat dan romantisme keduanya mulai berkembang.

Pangeran Philips dan Ratu Elizabeth (AFP)

3. Bergelar Duke di Hari Pernikahan

Gelar Duke of Edinburgh diciptakan di tahun 1726 untuk putra tertua cucu George I, Pangeran Frederick yang kemudian diturunkan kepada putranya. Namun ketika putra Pangeran Frederick menjadi George III di tahun 1760, gelar Duke tak dimasukkan ke dalam mahkota.

Gelar Duke kemudian tak lagi digunakan lagi sampai lebih dari 100 tahun. Baru di tahun 1866, Ratu Victoria menganugerahkannya kepada putranya, Pangeran Alfred dan sempat menghilang lantaran tak ada penerus laki-laki. Setelah lama menghilang, gelar tersebut akhirnya dibangkitkan lagi oleh Raja George VI dengan diberikan kepada Pangeran Philip pada pernikahannya dengan Elizabeth pada tahun 1947.

Pangeran Philips bergelar Duke of Edinburgh (AFP)

4. Punya Lisensi Pilot

Pangeran Philip juga jagi mengemudikan pesawat. Ia belajar menerbangkan pesawat melalui Royal Air Force dan menerima sayap RAF pada tahun 1953.

Selanjutnya ia berhasil mendapatkan lisensi pada tahun 1956, dan lisensi pilot pribadi pada tahun 1959. Total Pangeran Philip mengumpulkan 6000 jam terbang dari 59 jenis pesawat berbeda. Penerbangan terakhirnya sebagai pilot terjadi pada tahun 1997, saat itu ia berusia 76 tahun.

Patung lilin kerajaan Inggris (AP)

Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"