Fakta Menarik Soal Film Kartun Lokal, Adit dan Sopo Jarwo

Fakta Menarik Soal Film Kartun Lokal, Adit dan Sopo Jarwo

Pernah nonton atau tahu film kartun lokal Adit dan Sopo Jarwo? Simak fakta menarik tentang film ini yuk!

Film kartun jadi salah satu tayangan yang disukai banyak orang. Tapi selama ini kita tahu kalau jenis film satu ini banyak berasal dari negara lain. Ternyata ada juga lho film kartun yang asli negara kita, yaitu Adit dan Sopo Jarwo.

Ceritanya lucu, menghibur, dan menggambarkan kehidupan sehari-hari masyarakat Indonesia lho, jadi penonton akan merasakan bahwa ceritanya sangat dekat dengan kamu.

Adit dan Sopo Jarwo (wikipedia)

Jalan cerita

Film ini menceritakan persahabatan antara Adit, Dennis, Mitha, Devi, dan Adelya. Selalu ada saja petualangan yang nggak terduga di dalam persahabatan ini ditambah lagi dengan tokoh Adit yang jadi inspirasi teman-temannya dalam menggapai mimpi.

Pada kehidupan sehari-hari, anak-anak ini harus berhadapan dengan Sopo Jarwo yang digambarkan sering mencari celah demi mendapatkan keuntungan tapi tanpa mau berusaha. Film ini juga menyampaikan pesan bijak untuk anak-anak yang menonton. 

Karakter

Tokoh utama dalam film ini adalah Adit, sosok anak laki-laki kelahiran tahun 2002 yang bijaksana dan pemberani. Adit juga punya jiwa petualang dan digambarkan selalu naik sepeda keliling kampung ini dianggap sebagai pemimpin dan suka memberikan inspirasi. 

Tokoh lain ada Sopo Jarwo yang diceritakan sering musuhan dengan Adit. Lalu ada Haji Udin yang penggambarannya mirip Deddy Mizwar.  Sosok Haji Udin adalah bijaksana dan sering memberikan nasehat pada setiap filmnya. 

Pak Haji Udin adalah ketua RW. Pak Haji Udin sudah menjadi ketua RW sejak belasan tahun lamanya. Pak Haji Udin adalah orang yang baik dan siap selalu membantu rakyatnya. Dia selalu menjadi orang yang bijaksana untuk menengahi antara Adit, Sopo, dan Jarwo. Nasihat yang disampaikan Pak Haji lugas dan ringan, sehingga mampu mengembalikan suasana yang gaduh menjadi tenang.

Film kartun Indonesia (kompasiana)

Penayangan dan penghargaan

Film ini dirilis pada 27 Januari 2014 dan awalnya ditayangkan di Trans TV, kemudian pernah juga disiarkan di Global TV, lalu pindah ke MNC TV. Sebagai film kartun karya anak bangsa, Adit & Sopo Jarwo pun telah mendapatkan penghargaan lho, misalnya menjadi pemenang Program Animasi Terbaik versi Anugerah Penyiaran Indonesia 2017 dan kategori Anak-Anak dan Animasi dalam Panasonic Gobel Awards 2017.

Menghadirkan Presiden Jokowi (youtube)

Ditayangkan berulang

Ternyata, film ini baru memiliki episode yang sedikit dan sering diulang-ulang. Bahkan, satu episode bisa diulang sampai 60 kali lho. Ini karena untuk menghasilkan satu episode aja, waktu yang dibutuhkan bisa sampai sebulan. Jadi ya, solusinya masih diulang-ulang demi tuntutan penayangan. 

Bayangkan deh, buat bikin animasi satu episode dengan durasi tujuh menit, dibutuhkan animator sampai 186 orang. Meski terdengar cukup banyak, tetap pengerjaannya nggak bisa selesai dalam waktu singkat. Ini karena animasi dikerjakan secara manual, mulai dari menggerakkan model 3D sampai ke penambahan efek.

Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"