Pikirkan lagi jika kamu memilih foto untuk CV. Pilih foto yang paling menarik dan temukan faktanya di artikel ini.

Hal penting dalam mencari pekerjaan adalah curriculum vitae atau disingkat CV. Berkas tersebut berisi riwayat hidup yang memberikan gambaran mengenai pengalaman seseorang. Setiap perusahaan dalam merekrut karyawannya mensyaratkan berkas tersebut. Ini menjadi ukuran kualitas seseorang yang menjadi calon karyawannya. Selain berisi ringkasan riwayat hidup, umumnya CV juga melampirkan foto profil. Fakta yang riil, foto profil mempengaruhi peluang diterima bekerja. Untuk itu, cek poin-poin di bawah ini dan pilih ulang sesuai besarnya potensi dalam mendapatkan pekerjaan.

1. Foto profil yang paling potensial, berisi seluruh wajah tanpa mengenakan kacamata atau benda lain yang menutupi mata, misalnya rambut. Wajah yang terhalang nggak disenangi dan jarang dipertimbangkan.

2. Tersenyum dengan menunjukkan gigi akan meningkatkan peluang. Efeknya akan dua kali lebih potensial dibanding foto tersenyum dengan mulut tertutup.

3. Pastikan foto menampilkan kesan yang cerdas dan formal. Dengan menampilkan foto yang cerdas dan formal, pencari karyawan akan menganggap kamu lebih kompeten dan punya kemampuan dalam menyelesaikan tugas. 

Template CV (weare.guru)

Fakta yang ditemukan dalam penelitian di Aropa dan Israel, pemberi kerja akan memanggil pendaftar berdasarkan pengaruh foto profil. Foto CV pria yang menarik mempunyai peluang yang signifikan dibanding CV tanpa foto atau dengan foto ekspresi datar. Berbeda dengan CV wanita. Foto profil CV wanita yang menarik justru punya potensi yang lebih rendah untuk dipanggil tes kerja. Berdasarkan penelitian yang dilakukan Bradley J. Ruffle dan Ze'ev Shtudiner, hal tersebut terjadi karena ada kecemburuan wanita terhadap wanita lain yang menarik di tempat kerja. 

4. Perhatikan pencahayaan pada foto. Jika kamu mendapatkan foto dengan selfie, pastikan tidak dengan cahaya yang redup dan membayang. Selain itu, pastikan juga agar cahaya nggak terlalu terang karena bisa menimbulkan bayangan di wajah.

5. Memakai pakaian formal sangat direkomendasikan. Hindari juga tidak mengenakan pakaian yang terlalu menyolok. Pilih pakaian warna netral atau monokrom seperti hitam, putih, biru. 

Mencatat hal penting (cv-library.co.uk)

6. Meski foto fokus pada wajah, tetapi tunjukkan postur yang tegap. Postur yang tegap bisa menunjukkan sikap profesional. Untuk motif background, pilih warna yang netral ya. 

Penting banget buat diperhatiin juga, hindari memasang foto alay untuk profil. Apa yang tergambar di curriculum vitae berpengaruh besar pada potensi diterima. Hal lain yang mesti kamu perhatikan adalah format CV. Buatlah format yang efektif dan nggak bertele-tele. Gimana, udah siap untuk diterima kerja? Siapkan dengan baik ya! Semoga sukses. 

Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna

Facebook Conversations