Fakta Groom of Stool, Profesi Tukang Cebok Raja Inggris yang Bergengsi

Fakta Groom of Stool, Profesi Tukang Cebok Raja Inggris yang Bergengsi

Groom of Stool, Profesi Tukang Cebok Bergengsi

Tau nggak sih kalo pekerjaan masa lalu di Kerajaan Inggris cukup beragam? Salah satunya adalah profesi Groom of Stool. Ini kalo dipikir-pikir menjijikan, tapi ternyata dulu amat bergengsi. 

Pekerjaan teraneh sepanjang sejarah tersebut muncul di era Henry VIII, sekitar tahun 1500-an. Tugasnya adalah memonitor dan membantu raja dalam urusan buang kotoran. Kalo dalam bahasa Indonesia, mungkin tukang cebok ya. 

Tapi, sistem kerjanya cukup unik. Pertama-tama, kata 'Stool' sendiri mengacu pada toilet portabel yang bisa dibawa sepanjang waktu. Jadi, Groom of Stool bakal selalu sedia kotak toilet ini sama air, handuk, dan baskom. 

kotak toilet protable (history.howstuffworks.com)

Supaya kerjaannya lebih efisien, Groom of Stool bakalan memantau pola makan dan waktu makan raja juga. Jadi, mereka mungkin bisa memprediksi kapan kira-kira raja akan buang air besar. 

Siapa yang Bisa Jadi Groom of Stool?

Mungkin kerjaan ini terkesan aneh ya. Tapi, pada zamannya, orang-orang sangat antusias sama kerjaan ini. Bisa dibayangin, Groom of Stool bisa punya akses dekat sama raja.

Tapi, nggak semua orang bisa mendapatkan pekerjaan ini. Biar dapet, orang harus punya koneksi atau relasi yang kuat. 

ilustrasi Groom of Stool (historyextra.com)

Melansir howstuffworks.com, Ben Lowe, prosefor sejarah dari Florida Atlantic University mengatakan kalo Groom of Stool biasanya datang dari kalangan teman dekat atau orang terpercaya raja. 

Punya Kedekatan Tersendiri dengan Raja

Karena kerjaannya berhubungan sama hal privat Raja, kebanyakan Groom of Stool malah jadi mirip sekretaris raja dan punya gaji gede. Selain itu, mereka juga mendapat benefit lebih, misalnya kayak punya hak menginap di setiap istana, boleh pakai perabotan kamar tidur bekas, dan lain-lain. 

Groom of Stool pun dapat menghabiskan banyak waktu sama raja. Bisa bersantai bareng saat raja mau menghindari topik politik. Tentu ini membuat profesinya sangat isitimewa karena jadi mengenal raja secara pribadi dan membangun hubungan dekat. 

Raja dengan Groom of Stool Terbanyak

Ternyata Raja memang menikmati bantuan dari Groom of Stool di zaman dulu. King of George III sendiri tercatat sebagai raja yang mempekerjalan Groom of Stool terbanyak. Totalnya ada 9 orang. 

Groom of Stool di masa Tudor (allthatsinteresting.com)

Salah satu dari Groom of Stool-nya ialah John Stuart. Ini unik banget karena setelahnya John Stuart malah jadi Perdana Menteri Inggris. 

Tapi, pada akhirnya profesi Groom of Stool menghilang. Yang terakhir mendapat posisi ini adalah Sir Michael untuk Edward VI di tahun 1547. 

Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"