Fakta-Fakta tentang Serial Kartun Spongebob Squarepants Bikinan Stephen Hillenburg

Fakta-Fakta tentang Serial Kartun Spongebob Squarepants Bikinan Stephen Hillenburg

Spongebob Squarepants adalah karakter ciptaan Stephen Hillenburg. Debutnya dimulai pada 1999, dan bahkan masih berlangsung sampe sekarang. Siapa yang masih nonton?

Buat generasi 90-an, kita berarti tumbuh bersama dengan karakter Spongebob Squarepants dan warga Bikini Bottom. Namun sayang, kreatornya dikabarkan meninggal dunia akibat penyakit saraf ALS pada Rabu (28/11/2018).

Kalo kalian penggemar setia serial Spongebob Squarepants, simak yuk beberapa fakta tentang serial kartun bikinan Stephen Hillenburg ini sebagaimana dikutip dari berbagai sumber.

Perhatiin aja karakternya satu-satu (vh1.com)

1. Spongebob Squarepants erat kaitannya dengan "7 Deadly Sins" atau 7 Dosa Mematikan. 7 karakter di antaranya cukup jelas untuk mewakili 7 jenis dosa mematikan tersebut.

2. Spongebob mewakili nafsu karena sifatnya yang selalu bersemangat dalam membantu banyak orang. Patrick melambangkan kemalasan, Squidward melambangkan kemarahan dan kebencian. Tuan Krab melambangkan keserakahan, ketamakan.

3. Karakter lainnya seperti Plankton mewakili sifat iri hati, Gary melambangkan kerakusan, terutama untuk makanannya sendiri. Sandy tupai mewakili kesombongan karena amat bangga pada dirinya sendiri.

4. Stephen Hillenburg adalah seorang ahli biologi laut. Selain membuat Spongebob, Hillenburg juga mengajar sebagai dosen untuk kuliah Biologi Laut di Orange County Marine Institute. Termasuk di Humboldt University, California.

Ini lho Stephen Hillenburg (news.avclub.com)

5. Hillenburg sendiri memang seniman berbakat. Dia juga pernah mendapat gelar Master of Fine Arts dalam animasi eksperimental.

6. Hillenburg memutuskan untuk berkarier sebagai animator dan bergabung dengan Nickelodeon. Dari situ, dia mendapat ide untuk membuat kartun tentang makhluk-makhluk laut.

7. Ketahuilah wankawan ... sejatinya Squidward adalah seekor gurita. Dia bukan cumi-cumi karena dia punya 8 tentakel. Karakternya disesuaikan dengan menghilangkan 2 tentakelnya biar lebih gampang dianimasikannya.

8. Sejauh ini, hanya serial Spongebob Squarepants-lah yang menjadi serial kartun terlama yang disiarkan Nickelodeon. Bayangin aja, udah 17 tahun lho Nickelodeon menayangkan kehidupan hewan-hewan laut ini.

Tuan Krab dan The Krusty Krab (spongebob.wikia.com)

9. Tuan Krab, bosnya Spongebob di restoran The Krusty Krab, dikisahkan sebagai warga yang mengalami depresi berat pascaperang. Namun lewat usahanya menjual Krabby Patty, dia pulih. Karena emang cuma itu satu-satunya toko burger di bawah laut.

10. Ada yang tau usia Tun Krab? ternyata lebih dari 60 tahun lho. Usia itu diketahui dalam episode "Sleepy Time", saat Tuan Krab menunjukkan SIM-nya. Ada tanggalnya malah, 30 November 1942.

11. Kalo Spongebob Squarepants lahir pada 14 Juli 1986. Tanggal lahirnya juga terungkap dalam episode yang sama.

12. Hillenburg merancang kartun Spongebob Squarepants untuk anak-anak dengan usia 2-11 tahun. Tapi ternyata, penonton dewasa dengan usia 18-50 tahun juga ikut menonton tayangan ini. Survei pun digelar, hasilnya, sekitar satu juta penontonnya berusia 16 tahun.

Tom Kenny (netflixmovies.com)

13. Tom Kenny, pengisi suara Spongebob Squarepants, bermaksud untuk membuat suara spon kuning itu biar penontonnya mengingat lautan. Puitis banget lah ....

14. Sebelum Spongebob, karakter karangan Hillenburg ini diberi nama SpongeBoy. Sayang, nama itu gak bisa dipake, dan jadilah Spongebob.

Rumahnya siapa ini? (fanpop.com)

15. Nanas yang dijadikan rumah Spongebob dipilih karena nanas adalah motif yang banyak digunakan oleh penduduk Polynesia. Hillenburg pernah bilang, mungkin Spongebob gak akan suka bau rumah nanasnya.

16. Plankton adalah satu-satunya warga Bikini Bottom yang sampe kapanpun gak bakal bisa ngerasain kenikmatan Krabby Patty. Padahal semua kecerdasannya udah digunakan untuk mencuri resep rahasianya ya. Kasian~



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"