Fakta-Fakta Hari Valentine yang Jatuh pada Tanggal 14 Februari, Yuk Simak!

Fakta-Fakta Hari Valentine yang Jatuh pada Tanggal 14 Februari, Yuk Simak!

Hari valentine jatuh pada tanggal 14 Februari

Siapa dari kalian yang suka rayain Valentine? Atau, jangan-jangan kalian masih jomblo nih. Jadi, nggak ada orang yang bisa kalian kasih cokelat?

Tenang aja, kalian masih punya temen-temen kok. Mending rayain sama mereka kalo nggak punya pacar. Selain rayain ada baiknya kalian simak fakta-fakta soal hari Valentine sebagai berikut.

1. Dimulai dari abad ke-17

Hari Valentine (tokopedia.com)

Taukah kalian sejarah Valentine tuh kayak apa? Hari spesial ini ternyata udah dirayain sama masyarakat Eropa sejak abad ke-17. Di Inggris misalnya, hari Valentine udah diperingati sejak abad ke-17 dan pertengahan abad ke-18. 

Dahulu kala, perayaan dilakukan dengan tukar uang koin dan surat dengan tulisan tangan. Di situlah rasa cinta dan kasih sayang diungkapkan.

2. Cokelat jadi hadiah Valentine awalnya dari Richard Cadburry

Kenapa hari Valentine identik sama cokelat sih? Ternyata ini juga ada asal usulnya loh. Richard Cadburry tuh orang pertama yang memperkenalkan cokelat sebagai hadiah Valentine. Waktu itu di tahun 1868.

Wah, kalo kayak gini perusahaan cokelat harus berterima kasih sama Richard ya. Berkat dia, setiap hari Valentine cokelat bakal ludes.

3. Ada berbagai teori soal asal-usul hari Valentine

cokelat Valentine (li-lacchocolates.com)

Ada beberapa teori soal munculnya hari Valentine. Teori pertama misalnya, Hari Valentine berasal dari Lupercalia.

Ini adalah festival pada tanggal 15 Februari. waktu itu, pria menelanjangi dan memuluk gadis-gadis muda demi meningkatkan kesuburan.

Ada juga teori lain yang mengatakan kalo saat Romawi Cladius II berusaha meningkatkan pasukan, dia larang cowok-cowok muda buat menikah demi jadi prajurit yang lebih baik.

Nah, salah satu prajurit St. Valentine menentang larangan itu. Dia lakuin pernikahan rahasia gitu. Karena nggak taat, Valentine akhirnya dieksekusi mati pada 14 Februari.

4. Simbol hati nggak cuma punya arti cinta



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"