Emangnya Balon yang Terbang ke Langit Bisa Sampe Luar Angkasa Ya?

Emangnya Balon yang Terbang ke Langit Bisa Sampe Luar Angkasa Ya?

Kita udah mengenal balon dari kita masih kecil. Balon selalu berhasil menarik perhatian kita sampe kita ngerengek minta dibeliin balon sama orang tua.

Giliran udah dibeliin, balon-balon yang nggak kita pegang kuat-kuat malah terbang. Terbang tinggi terus ke atas langit. Menghilang, pergi entah ke mana. Gak ada yang tau.

Balon-balon yang terbang tuh terbang dan menghilang ke mana ya? (forbes.com)

Dari situ, banyak anak-anak yang sering penasaran, ke mana sih perginya balon-balon yang terbang dan hilang di langit? Apakah balon bisa tembus ke luar angkasa? Atau justru jatuh lagi ke tanah?

Buat yang belom tau, setidaknya rasa penasaran kamu sejak kecil akan terjawab di ulasan ini.

Balon-balon yang biasa dibeli sama anak-anak biasanya udah menggembung. Balon itu umumnya udah diisi sama helium oleh penjualnya, jadi bisa melayang-layang gitu. Penjualnya pun biasanya akan memberikan tali dan pemberat biar balonnya gak terbang.

Anak-anak biasanya akan memegangnya sambil bermain. Tapi kalo lepas dari pengawasannya, balon itu bakal terbang. Kalo di dalem rumah paling ya nyangkut di plafon rumah lah dan masih bisa diambil.

Tapi kalo di luar ruangan, balon itu bakal terbang tinggi. Orang dewasa juga gak bakal bisa nangkep deh.

Balonnya dipegangin yang bener ya, biar gak terbang (skyinflate.com)

Jadi, semua ini disebabkan oleh helium tadi. Helium tuh lebih ringan dari udara di sekitar. Makanya, balon bisa terbang gitu aja tanpa arah dan tujuan. Balon akan terbang sesuai angin yang membawanya. Hilang, ting!

Terus, apa beneran balon yang terbang itu bakal tembus ke luar angkasa? Nggak lah gengs~

Balon yang terbang dan menghilang dari pandangan kita itu akan melayang-layang di udara. Selama melayang-layang, udara akan semakin sedikit dan menyebar. Helium yang ada di dalam balon juga pengin keluar dari dalamnya.

Tapi tergantung juga sih. Kalo balonnya tebal ya dia akan melayang sedikit lebih lama sampe akhirnya meletus di angkasa. Sementara kalo balonnya tipis, ya gak sampe tinggi-tinggi banget bakal langsung meletus. Dor!



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"