Emangnya Ada Sisi Positif dari Menganggur?

Emangnya Ada Sisi Positif dari Menganggur?

Semua orang rata-rata pasti pernah deh nganggur. Apalagi buat teman-teman atau kakak-kakak tingkat kita di kampus yang baru lulus. Beberapa dari mereka bisa aja diterima kerja dengan cepat, beberapa mungkin memilih untuk buka usaha sendiri, atau ... tetap menganggur.

Ya, itu pilihan orang, dan itu beda-beda sih. Yang pasti, nganggur sebetulnya ditakuti oleh sebagian orang. 

Buat mereka yang merasakan nganggur itu berat, mereka tuh takut nggak produktif lagi. Mungkin takut nggak punya uang/pendapat sendiri. Belum lagi harus menghadapi nyinyiran orang-orang kalau masih nganggur.

Emang ada sisi positif menganggur? (isoladirodivacanze.com)

Di balik itu, sebenarnya nganggur tuh ada sisi positifnya juga kok. Ya, semua hal di dunia ini kan selalu ada sisi positif dan negatifnya kan. Terus, emangnya ada sisi positif dari menganggur?

Ya jelas ada dong! Dikutip dari IDNTimes.com, simak nih sejumlah sisi positif saat masih menganggur.

1. Punya banyak waktu untuk melakukan berbagai hal

1. Punya banyak waktu untuk melakukan berbagai hal Bisa santai kayak gini mahal lho harganya (123rf.com)

Nganggur tuh sebenarnya kesibukan dalam bentuk yang lain gengs. Sibuk nganggur gitu, hehehe. Dan karena itu, kita pasti punya banyak waktu luang deh.

Biar nggak galau, kalian bisa loh memanfaatkan waktu luang kalian untuk melakukan hal-hal yang kalian suka. Soalnya, kalau udah kerja nanti ... aktivitas kalian bakal padat banget. 

Kalian mungkin akan kangen dengan masa-masa saat nganggur dulu. Dan karena itu, lakukan berbagai hal yang menyenangkan, tapi sewajaranya dan kalau bisa nggak ngabisin duit ya.

2. Bisa belajar manajemen keuangan

2. Bisa belajar manajemen keuangan Belajar mengatur keuangan lah semenjak nganggur (okezone.com)

Jadi pengangguran tuh berat. Makanya jangan dibikin berat lagi dengan menghabiskan banyak uang. Kalian yang susah nanti.

Sebaliknya, kalian harus hemat ya. Tahan diri kalian saat menginginkan sesuatu, apalagi ada banyak hal yang sebenarnya bukan prioritas kalian, eh, dibeli juga.

Atur pengeluaran dan pemasukan kalian secara bijak. Pelajari manajemen keuangan sebaik mungkin. Nanti kalau udah kerja, ini jadi pelajaran berharga banget buat kalian.

3. Nganggur itu sebenarnya melelahkan

3. Nganggur itu sebenarnya melelahkan Om Elon Musk dulu sempat ngaggur juga nggak ya? (independent.co.uk)

Ini salah satu sisi positif dari menganggur. Kalian mungkin akan lebih bijak dalam melihat sesuatu.

Jadi gini, banyak deh di antara temen-temen kita yang udah bekerja tapi tetep masih mengeluh bahwa pekerjaan mereka berat. Padahal, mereka kan punya penghasilan sendiri dari pekerjaannya ya.

Coba, kalian pikir lagi deh ... bukankah menjadi pengangguran jauh lebih berat ya? Nggak enak pula, terutama sama omongan-omongan orang lain. Meski kalian nggak peduli sama omongan orang, pada suatu titik kalian pasti akan kena juga deh.

Bilang ke teman kalian yang masih ngeluh tapi udah kerja itu, "mending kerja atau nganggur?"

4. Kalian akan cari cara gimana bisa memperoleh pendapatan

4. Kalian akan cari cara gimana bisa memperoleh pendapatan Ayo, cari cara gimana bisa dapet uang atau pengalaman (pexels.com)

Nganggur tuh ada positifnya juga buat kalian yang masih jomblo, hehehe. Nganggur minimal bikin kalian tertantang untuk terus mencari cara gimana caranya memperoleh pendapatan sendiri. Jadi semacam "pengangguran bermartabat" gitu, hehehe.

Kalian bisa lho jadi tenaga pengajar privat, bisnis toko online, belajar skill tertentu, dan macam-macam deh. Ini semua demi spesifikasi kalian yang lebih baik lagi gengs.

Kalau banyak waktu bisa kalian manfaatkan untuk belajar, kalian nggak akan rugi dong. Minimal kalian nggak ketinggalan-ketinggalan amat begitu masuk dunia kerja nanti.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"