Dunia Hampir Kiamat Beberapa Hari Lalu, Asteroid Raksasa Nyaris Tabrak Bumi!

Dunia Hampir Kiamat Beberapa Hari Lalu, Asteroid Raksasa Nyaris Tabrak Bumi!

Banyak dari kita yang gak sadar kalo dunia hampir aja kiamat beberapa hari lalu. Soalnya asteroid raksasa nyaris tabrak Bumi! Waduh!

Kabar ini sempat bikin beberapa orang waswas, terutama para astronom atau ilmuwan dunia. Asteroid raksasa itu dikabarkan "menyapa" Bumi pada Rabu (29/4/2020) lalu.

Asteroid raksasa itu bernama 1998 OR2. Asteroid ini memiliki diameter mencapai 2,06 kilometer. Sementara NASA menyebut bahwa asteroid raksasa itu memiliki ukuran lebih lebih dari 152 meter.

Asteroid raksasa "menyapa" Bumi nih gengs~ (space.com)

Meski begitu, jarak lintasan asteroid raksasa itu masih berada dalam jarak aman. Lintasan asteroid itu berada di kejauhan hingga 16 kali jarak Bumi dan Bulan. Itu juga masih dalam pantauan terakhir oleh para astronom dan ilmuwan.

Meski asteroid raksasa itu melintas pada jarak aman, ilmuwan yang mengetahui hal itu sempat khawatir. Solanya masih ada kemungkinan akan ada pecahan asteroid raksasa itu yang jatuh ke Bumi.

Dikutip dari Space.com, asteroid rakssa 1998 OR2 tercatat melintasi Bumi tepat pukul 02.20 WIB pada Rabu lalu. Kabar baiknya, asteroid itu melintasi Bumi tanpa pecahan apa pun yang bisa mengancam Bumi kita.

Lebih detail, lintasan asteroid itu berada pada jarak 6,3 juta kilometer dari Bumi. Sementara kecepatan lintasan asteroid itu mencapai 31.319 kilometer per jam. Duh, kalo kepeleset kelar nih kehidupan kita.

Tapi selain memberikan kabar baik itu, para ilmuwan belum bisa benar-benar bernapas lega gengs. Soalnya asteroid lain bernama 2016 HP6 justru sedang melakukan perjalanannya mendekati Bumi.

Asteroid 2016 HP6 itu tergolong asteroid Apollo. Asteroid besar itu diprediksi melintas di dekat Bumi pada Jumat (8/5/2020) mendatang, sekitar pukul 02.28 WIB.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"