Dokumen Rahasia Terkuak, AS Berada Di Balik Pembataian 200.000 Penduduk Timor Leste dan Memanfaatkan Indonesia

Dokumen Rahasia Terkuak, AS Berada Di Balik Pembataian 200.000 Penduduk Timor Leste dan Memanfaatkan Indonesia

Hubungan Indonesia-Timor Leste sudah semakin membaik saat ini. Tapi sejarah kelam tidak bisa dihapuskan. Bisa jadi masih membekas pada sebagian warga Timor Leste saat ini.

Sebuah pembantaian kejam, begitu mungkin yang mereka ingat. Dilakukan Indonesia kepada penduduk Timor Timur jaman dulu. Pembantaian itu melibatkan Amerika dan Ingris.

Pada 7 Desember 1975, Indonesia menyerang Timor Leste, dan dilaporkan lebih dari 200.000 orang tewas dalam serangan tersebut.

Ilustrasi dokumen rahasia (amazon.com)

Tapi kemudian terungkap kalau ternyata pembantaian itu tidak sepenuhnya kesalahan tentara Indonesia. Amerika adalah faktor utama terjadinya pertumbapah darah di bumi Lorosae itu. 

Invasi ini tercatat sebagai genosida terburuk selama abad 20 dalam catatan komisi Penyelidikan Timor Leste. Dituding menjadi pelanggaran hak asasi manusia berat.

Terkuak menurut Democracy Now, dalang tindakan itu ternyata berasal dari Amerika, di mana pemerintah Amerika bekerja dari balik layar dalam insiden itu. Pemerintahan Timor Leste meminta parlemen menahan informasi itu.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"