Ditemukan secara Tidak Sengaja, Hewan Ini Dikasih Nama Ikan Wakanda

Ditemukan secara Tidak Sengaja, Hewan Ini Dikasih Nama Ikan Wakanda

Selama ini, ada beberapa jenis ikan kecil yang punya warna mencolok. Mulai dari ikan badut atau nemo, ikan mas koki, atau mungkin ikan cupang.

Kalo warna ikan cupang mah emang mencolok banget ya. Tapi, pernah denger gak ikan kecil yang bernama ikan wakanda? Beneran ada nih gengs.

Ini dia hewan yang dikasih nama 'Wakanda' (newscientist.com)

Ikan kecil yang punya ciri khas warna mencolok ini kece banget deh. Ikan cantik ini masuk dalam kelompok peri wrasse. 

Nah, kelompok peri wrasse itu disebut-sebut sebagai ikan dengan warna alami di badannya yang sangat mencolok. Seperti halnya peri gengs.

Ikan kecil ini pun ditemukan secara tidak sengaja. Ikan cantik ini ditemukan di perairan Zanzibar, Tanzania.

Saat pertama kali ditemukan, para peneliti secara tidak sengaja melihat ikan cantik ini di kedalaman 60 meter dari permukaan laut. Ikan wakanda ini hidup dam bersembunyi di area terumbu karang.

Para ahli menemukannya lagi ngumpet di terumbu karang (calacademy.org)

Ikan wakanda bisa dibilang ikan kecil yang hidupnya terisolasi. Soalnya, gak banyak penyelam yang mampu menyelam di laut hingga kedalaman 60-an meter atau lebih.

Mengingat keberadaannya terisolasi, hewan kecil yang cantik ini kemudian diberi nama ikan wakanda. Nama yang unik buat ikan cantik ini.

"Ketika kami memikirkan sifat rahasia dan terisolir dalam terumbu karang Afrika yang belum dijelajahi ini, kamu tahu kamu harus menamai spesies ini dengan 'Wakanda'," kata Yi-Kai Tea, peneliti dari University of Sydney, Australia.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"