Ditemukan Mahkota Berusia 6000 Tahun di Laut Mati, Milik Siapa Sih?

Ditemukan Mahkota Berusia 6000 Tahun di Laut Mati, Milik Siapa Sih?

Mahkota yang ditemukan di Laut Mati mungkin menjadi mahkota paling tua di dunia. Pasalnya, usia mahkota dimungkinkan lebih dari 6000 tahun. Bisa jadi, dulu dipakai antara tahun 4000-3300 SM. 

Bentuknya melingkar tebal dan terdapat ukiran yang sangat unik. Melansir Daily Mail, mahkota tua ini ditemukan di sebuah gua di Judaean Desert dekat Laut Mati pada tahun 1961. Pada waktu itu, sebenarnya yang ditemukan bukan cuma mahkota aja, tapi ada barang-barang berharga lainnya. Ada lebih dari 400 objek ditemukan oleh Pessah Bar-Adon dan teman arkolog dari Israel. Akhirnya guanya dikenal sebagai 'cave of the treaseure'.

Mahota tertua ( dailymail.co.uk)

Diduga, mahkota ini dipakai saat acara pengkuburan jenazah orang-orang penting pada waktu itu. Tampak lambang burung nasar yang menonjol di atas mahkota. Mahkota ini dianggap punya prestise yang sangat besar. 

Menurut penanggalan karbon-14 dari tikar buluh tempat objek-objek itu dibungkus, setidaknya semua barang itu berasal dari zamam tembaga kurang lebih 3500 SM. Duh, lama banget ya! Memang pada zaman itu penggunaan tembaga lagi meluas. 

Mahkota tertua ditemukan di laut mati (dailymail.co.uk)

Dengan ditemukannya mahkota dan barang-barang lain, tampaknya pada zaman itu perkembangan teknologi cukup pesat. Diduga, dulu barang-barang emang sengaja ditinggalkan karena tergesa-gesa.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"