Disebut Polisi Paling Jujur di Indonesia, Jenderal Hoegeng Larang Istrinya Pergi ke Luar Negeri, Istri Kapolri Nggak Boleh Bermewah-mewahan

Disebut Polisi Paling Jujur di Indonesia, Jenderal Hoegeng Larang Istrinya Pergi ke Luar Negeri, Istri Kapolri Nggak Boleh Bermewah-mewahan

Mantan Presiden Abdurrahman Wahid alias Gus Dur pernah menyebut jika Jenderal Hoegeng Iman Santoso adalah polisi paling jujur di Indonesia selain polisi tidur dan patung polisi. Hoegeng pernah menjabat sebagai Kapolri. Ia terkenal dengan gaya hidupnya yang sederhana dan tak bermewah-mewahan.

Najwa Shihab mengenang momen saat berbincang dengan Merry Hoegeng istri Hoegeng di program Mata Najwa. Nana, sapaan Najwa, bercerita jika Merry sempat mau membuka toko bunga di rumahnya untuk menambah penghasilan untuk keluarga, tetapi Hoegeng meminta sang istri menutup toko tersebut.

“Katanya supaya nggak ada konflik kepentingan, takutnya ada orang sengaja beli bunga supaya bisa  mendekati Hoegeng,” kenang Nana dilansir dari channel YouTube Najwa Shihab. Ada lagi cerita yang lain ketika Hoegeng melarang istrinya pergi ke luar negeri.

Disebut Polisi Paling Jujur di Indonesia, Jenderal Hoegeng Larang Istrinya Pergi ke Luar Negeri (tvOne)

Kebetulan saat itu ayah Merry yang juga mertua Hoegeng sakit di Belanda. Merry ingin menjenguk ayahnya bukan untuk liburan. Tetap saja Hoegeng melarang istrinya berangkat ke Belanda. Saat itu Hoegeng sudah menjadi Kapolri.

“Akhirnya istrinya juga nggak berangkat ke Belanda sampai ayahnya meninggal. Hoegeng pokoknya melarang istri Kapolri nggak boleh mewah-mewahan, apa kata masyarakat kalau istri Kapolri mewah-mewahan,” ujar Nana menirukan ucapan Merry.

Termasuk saat pensiun dari polisi. Hoegeng sampai selesai mengabdi sebagai polisi tidak memiliki rumah dan mobil. Selama jadi Kapolri dia tinggal di rumah dinas. Hal itu membuat Nana kagum dengan sosok Hoegeng.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"