Dinasti Árpád Di Hongaria Berakhir Setelah Raja Andrew III

Dinasti Árpád Di Hongaria Berakhir Setelah Raja Andrew III

Árpád atau Arpad adalah dinasti yang berkuasa di Kerajaan Hongaria pada abad ke-10 dan ke-12 dari 1000 hingga 1301. Dinasti yang dinamai setelah Pangeran Agung Árpád selama penaklukan Cekungan Carpathian.  Pangeran Agung Árpád merupakan kepala federasi kesukuan Hongaria 

Baik Pangeran Agung pertama dari Hongaria (Álmos) dan raja pertama Hongaria (Saint Stephen) adalah anggota dinasti.

Dinasti Árpád Di Hongaria Berakhir

Dinasti Árpád Di Hongaria Berakhir Dinasti Árpád Di Hongaria Berakhir (Pinterest.com)

Dinasti Árpád di Hongaria berakhir pada 1301 dengan kematian Raja Andrew III. Sementara anggota terakhir dari Árpád, putri Andrew, Beato Elizabeth dari Töss, wafat pada tahun 1336 atau 1338.

Semua raja berikutnya dari Hongaria (kecuali Raja Matthias Corvinus) adalah keturunan dari dinasti Árpád. House of Croÿ dan keluarga Drummond of Scotland mengklaim sebagai keturunan dari Pangeran Géza dan George, putra raja Hongaria abad pertengahan: Géza II dan Andrew I.

Sebelum Dinasti Árpád di Hongaria berakhir, selama tiga abad, keturunan Árpád mempertahankan kekuasaannya di Hongaria. Sebelum Dinasti Árpád di Hongaria berakhir, mereka menjadikan kerajaan tersebut sebagai kerajaan Magyar yang kuat.

Sebelum Dinasti Árpád di Hongaria berakhir, ada periode pergolakan dinasti yang besar. DInasti ini sempat melawan tekanan dari kekaisaran Jerman.

Koin jaman dinasti Árpád Di Hongaria (worthpoint.com)

Sebelum Dinasti Árpád di Hongaria berakhir, perbatasan timur dan perbatasan Hongaria selatan berfluktuasi. Mengakibatkan gesekan dari waktu ke waktu dengan kekaisaran Bizantium dan Venesia.

 

Di tengah pergolakan, Hongaria sempat melakukan akuisisi terhadap Kroasia. Kalman, raja Hongaria, menginvasi Kroasia pada 1097 setelah didorong untuk melakukannya oleh paus. Pada 1102 ia diterima sebagai raja Kroasia.

 

Pertengahan abad ke-13 membawa kehancuran ke Hongaria. Sebelum Dinasti Árpád di Hongaria berakhir, terjadi pergolakan dan kerjaan menjadi tidak aman. Bangsa Mongol tiba-tiba turun ke wilayah itu pada tahun 1241. Pada generasi berikutnya, Otakar II, raja Bohemia, menjadi ancaman serius di perbatasan utara.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"