Dibilang Memiliki Kemiripan DNA Hampir 100% dengan Manusia, Berikut Fakta Unik tentang Simpanse

Dibilang Memiliki Kemiripan DNA Hampir 100% dengan Manusia, Berikut Fakta Unik tentang Simpanse

Manusia sering dibilang satu keluarga sama monyet. Itu karena manusia dan primata besar ini memang punya kemiripan perilaku. Konon mereka memang berevolusi dari satu nenek moyang yang sama.

Primata besar lainnya yang sering dibilang punya perilaku mirip manusia adalah simpanse.

Simpanse merupakan primata cerdas yang telah menarik minat para peneliti untuk melakukan penelitian terhadap mereka. Discovery News mengungkapkan bahwa hewan tersebut juga memiliki beberapa emosi yang mirip dengan manusia. Berikut ini fakta unik tentang simpanse.

1. Simpanse Dapat Berinovasi

Tahu gak sih geng, kalau simpanse ini diklaim memiliki tingkat kecerdasan yang hampir mirip dengan manusia. Sebuah penelitian pada simpanse yang tinggal di Zambia menunjukkan bahwa kelompok simpanse yang berbeda menemukan delapan cara berbeda untuk membuka buah bercangkang keras, yang menunjukkan bahwa simpanse dapat berinovasi.

Keren ya?

2. Simpanse Bisa Membunuh

Gigi taring simpanse yang tampak ketika dia marah (merdeka.com)

Jangan main-main sama simpanse ya geng! Kalau dalam banyak video dokumenter, hewan ini mungkin terlihat lucu dan menggemaskan. Tapi mereka ternyata bisa terlibat dalam perkelahian brutal jika menyangkut perebutan wilayah. 

Kebrutalan tersebut biasanya dilakukan oleh simpanse jantan. Mereka bisa membunuh jika menyangkut soal wilayah, makanan, koloni, dan simpanse betina.

3. Simpanse Memiliki Hubungan Seksual yang Luar Biasa

Menurut sebuah penelitian di jurnal Nature, simpanse jantan memiliki tulang di penisnya. Tulang ini, selain meningkatkan rangsangan, juga dapat menyebabkan kerusakan pada simpanse betina saat berhubungan.

Waduh! Bukannya enak malah sakit?

4. Simpanse Tertawa



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"