Di Malaysia, McDonald's Ganti Nama Jadi 'Mekdi'

Di Malaysia, McDonald's Ganti Nama Jadi 'Mekdi'

Di Malaysia, gerai makanan cepat saji McDonald's ganti nama jadi 'Mekdi'. Jadi, jangan bingung lagi kalo ke sana.

Gerai McDonald's yang pertama di Malaysia berdiri sejak 1982. Sejak pertama dibuka, restoran cepat saji itu tentu menggunakan nama McDonald's lah ya.

Tapi kini nama di gerai pertama itu diganti secara harifah menjadi 'Mekdi'. New Strait Times melaporkan bahwa susunan huruf persis seperti sebelumnya terpasang di plakat utama gerai tersebut.

Sekarang namanya Mekdi ya, bukan McD lagi (coconuts.co)

'Mekdi' kan diambil dari sebutan singkat untuk restoran itu, 'McD'. Tapi nama barunya itu adalah penulisan harafiah lokal untuk singkatan tadi.

Perubahan nama gerai McDonald's di kawasan Bukit Bintang, Kuala Lumpur itu diberlakukan jelang Hari Merdeka Malaysia. Hari kemerdekaan Malaysia sendiri dirayakan setiap tanggal 31 Agustus tiap tahunnya.

Pengelola waralaba McDonald's Malaysia memang mengambil inisiatif tersebut dalam semangat nasionalisme.

Ganti nama ini dalam semangat nasionalisme gengs (Twitter @ohtweet)

"Selama 31 tahun terahir, rakyat Malaysia telah membantu McDonald's menjadi seperti sekarang. Maka, sebagai apresiasi atas dukungan konsisten mereka, kami memutuskan untuk menggunakan nama singkatan yang lebih bersahabat yaitu 'Mekdi' dan sinonim dengan kami," ungkap Melati Abdul Hai, Wakil Presiden dan Kepala Pemasaran McDonald's Malaysia.

Jadi, sekarang kalian jangan bingung lagi ya kalo ke Malaysia dan mendapati bahwa restoran cepat saji Mcd memajang besar-besar tulisan 'Mekdi' di gerainya. Nasionalisme gengs.

Gerai Mekdi pertama di Malaysia (Facebook Oh! Media)

Masih berkaitan dengan nasionalisme di Malaysia juga, Mekdi Malaysia juga memperkenalkan produk Nasi Lemak Mekdi-nya sendiri. Sajian menu itu langsung jadi favorit banget di Negeri Jiran.

Kuliner yang dilengkapi dengan nasi yang dimasak dengan santan, ikan teri renyah, irisan mentimun, telur goreng, dan sambal langsung laris manis di sana. Nggak cuma itu, restoran asal Amerika Serikat itu memulai sebuah petisi pula di web Change.org.

Petisi itu berisi tentang pengakuian Nasi Lemak sebagai Hidangan Nasional Malaysia. Targetnya adalah satu juta tanda tangan pada perayaan Hari Malaysia pada 16 September 2019 mendatang.

Begini nih tampilan Nasi Lemak Mekdi Malaysia (mcdonalds.com.my)

Hari Malaysia berbeda dengan Hari Merdeka. Kalo Hari Merdeka ditandai sebagai merdekanya Malaysia dari kolonialisme Inggris pada 31 Agustus 1957. Sementara Hari Malaysia adalah peringatan pembentukan Federasi Malaysia pada 16 September 1963.

Yang pasti, kalo kalian berkunjung ke Malaysia, kalian bisa temukan menu Nasi Lemak juga tuh Mekdi Malaysia. Oke.

Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"