Di Jakarta Ada Kampung Vietnam, Kini Tak Berpenghuni dan Jadi Daerah Mati

Di Jakarta Ada Kampung Vietnam, Kini Tak Berpenghuni dan Jadi Daerah Mati

Beberapa daerah di Jakarta terdapat dengan nama yang diawali dengan kampung, sebut saja seperti Kampung Rambutan, Kampung Dukuh, Kampung Baru, dan beberapa nama kampung lainnya. Termasuk salah satu bernama Kampung Vietnam. Kampung ini berlokasi di Jalan Diklat Depsos, Kramat Jati, Jakarta Timur.

Dilansir dari 99.co, Kampung Vietnam ini kini sudah tak berpenghuni dan disebut daerah mati. Padahal kampung yang mulai ramai pada tahun 70-an dijadikan lokasi pengungsikan masyarakat Vietnam yang memutuskan keluar dari negaranya akibat konflik di negara tersebut.

Namun para pengungsi Vietnam itu hanya berada di kampung hanya sekitar 4 tahun karena pada tahun 1981 mereka memutuskan untuk meninggalkan kampung itu dan pindah ke lokasi lain.

Kampung Vietnam (CNBC Indonesia)

Setelah para pengungsi Vietnam pergi, daerah ini dijadikan lokasi untuk perluasan daerah sebagai kawasan percontohan panti jompo seantero di Indonesia. Lili Salwiji merupakan salah satu warga sekitar yang mengetahui sejarah Kampung Vietnam sejak dulu. "Dulu Kampung Vietnam sangat indah, banyak  tanaman dan perawatannya sangat baik. Kemudian berganti nama jadi Panti Jompo dengan tampungan 200 orang ," kata Lili.

Namun pada tahun 2002, lokasi Kampung Vietnam ini dihantam banjir besar hingga membuat wilayah ini terendam banjir lebih dari satu meter. Para penghuni Panti Jompo itu pun akhirnya dipindahkan ke lokasi yang lebih aman.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"