Deretan Senjata Tradisional dari Indonesia yang Masih Dianggap Sakti dan Mematikan

Deretan Senjata Tradisional dari Indonesia yang Masih Dianggap Sakti dan Mematikan

Senjata tradisional merupakan produk budaya yang lekat hubungannya dengan suatu masyarakat. Selain digunakan untuk berlindung dari serangan musuh, senjata tradisional juga digunakan dalam kegiatan berladang dan berburu. Lebih dari fungsinya, senjata tradisional kini menjadi identitas suatu bangsa yang turut memperkaya khazanah kebudayaan nusantara.

Zaman dahulu, kebanyakan masyarakat kita punya senjata unik dan khas. Senjata tradisional itu melekat pada budaya kita hingga ke masyarakatnya diwariskan sampai sekarnag ini. Walaupun zaman memang sudah berubah drastis, tapi tak sedikit kok orang-orang masih kagum akan senjata tradisonal ini. Berikut senjata tradisional Indonesia yang masih dianggap sakti dan mematikan:

1. Kujang

https://www.kompas.com/

Kujang merupakan senjata unik dari Tanah Sunda yang terbuat dari besi, baja dan bahan pamor pada abad ke-8 atau ke-9. Panjangnya sekitar 20 sampai 25 sentimeter dan beratnya sekitar 300 gram. Kujang merupakan perkakas yang merefleksikan ketajaman dan daya kritis. Kujang menjadi ciri khas, baik sebagai senjata, alat pertanian, perlambang, hiasan, ataupun cindera mata.

2. Klewang



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"