Deretan Penemuan Ilmuwan Muslim yang Sangat Berpengaruh Bagi Dunia, Salah Satunya Kamera

Deretan Penemuan Ilmuwan Muslim yang Sangat Berpengaruh Bagi Dunia, Salah Satunya Kamera

Ada banyak ilmuwan Islam yang dikenal dengan pengaruhnya dalam ilmu pengetahuan. Penemuan ilmuwan Islam yang udah berabad-abad silam pun masih relevan bagi kehidupan sampai sekarang. 

Nggak heran, kalo ada yang bilang kalo peradaban manusia nggak terlepas dari perjuangan ilmuwan Muslim. Nah, berikut ini penemuan Muslim yang sangat berpengaruh bagi dunia.

1. Aljabar

Aljabar (biografiku.com)

Pasti kalian pernah denger Aljabar di pelajaran matematika. Aljabar sebenarnya dikembangkan oleh ilmuwan besar Muslim yang bernama Muhammad ibn Musa al-Khawarizmi. 

Ia mengungkapkan prinsip dasar persamaan aljabar. Ia menjelaskan soal penggunaan persamaan aljabar dengan variabel tertentu. Sampai saat ini aljabar jelas sangat berguna.

2. Pemberian gelar di universitas

Siapa sangka, ternyata pemberian gelar di kampus ini berhubungan dengan sejarah Islam.

Pada zaman dulu, masjid digunakan sebagai sekolah juga. Yang dipelajari dari Imam adalah tentang Alquran, fiqih, dan hadis. Nah, semakin lama para imam mulai berpikir kalo harus ada lembaga formal yang dikenal dengan istilah madrasah. 

Madrasah formal pertama ialah al-Karaouine yang didirikan pada 859 oleh Fatima al-Fhri di Fez, Maroko. Sekolah tersebut menarik beberapa ulama di Afrika Utara dan murid-murid terpandai di negara itu. 

Siswa akan diajarkan selama beberapa tahun. Nah, di akhir program akan ada pemberikan sertifikat kalo memenuhi syarat. Konsep ini lalu berkembang dan menyebar ke seluruh dunia Muslim sampai Eropa.

3. Kamera



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"