Deretan Mitos Pernikahan Suku Jawa, Wajib Baca Sebelum Menyesal

Deretan Mitos Pernikahan Suku Jawa, Wajib Baca Sebelum Menyesal

Kebanyakan orang Jawa masih menjaga mitos yang sudah turun-temurun termasuk soal pernikahan. Dalam budaya Jawa terdapat banyak larangan-larangan bagi pernikahan suku Jawa yang dipercaya bila dilanggar kehidupan rumah tangga suami istri itu tidak akan bahagia.

1. Pernikahan Siji Karo Telu

Mitos ini adalah pantangan pernikahan yang menjadi budaya di wilayah Jawa Timur. Larangan ini terjadi bila ada pengantin yang merupakan anak pertama menikah dengan anak ketiga. Dalam kepercayana itu jika pernikahan dilangsungkan dipercaya rumah tangga akan mendatangkan kesialan.

2. Menikah di Bulan Suro

Bulan Suro sebenarnya merupakan bulan yang baik namun tidak bagi sebuah pernikahan. Orang Jawa dilarang menikah pada bulan Suro karena dianggap sebagai bulan yang keramat dan membuat malapetaka akan datang.

Ilustrasi Pernikahan Suku Jawa (Tokopedia)

3. Pernikahan Siji Jejer Telu

Mitos ini hampir mirip dengan siji karo telu. Bila siji karo telu adalah anak pertama menikah dengan anak ketiga, siji jejer telu adalah pernikahan dengan kedua mempelai sama-sama anak pertama. Selain itu salah satu orangtua dari pengantin juga suami istri yang sama-sama sebagai anak pertama.

4. Menikah dengan Orang Sunda

Larangan orang Jawa menikah dengan orang Sunda sudah menjadi mitos sejak lama bahkan sejak zaman kerajaan Majapahit berkuasa. Mitos itu konon bermula dari peperangan Majapahit dan kerajaan Sunda. Sebagian masyarakat dipercaya jika orang Jawa dan Sunda akan menikah maka hidupnya akan menjadi sengsara.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"