Deretan Fakta Unik tentang Sidik Jari Manusia, Kalian Harus Tahu Nih ...

Deretan Fakta Unik tentang Sidik Jari Manusia, Kalian Harus Tahu Nih ...

Inilah deretan fakta unik tentang sidik jari manusia. Kalian semua punya, makanya kalian harus tahu nih ....

Sidik jari kalian adalah salah satu bukti kuat yang bisa digunakan untuk identifikasi diri. Kalian tau hal ini, kan?

Identifikasi seseorang jadi lebih mudah dilakukan lewat fitur sidik jari yang unik ini. Entah ia adalah pelaku tindak kejahatan, korban kejahatan, atau korban bencana alam.

Nah, ada beberapa fakta unik juga nih soal sidik jari yang mungkin kalian belom tau. Apa aja sih? Seperti dikutip dari IDN Times, simak deh deretan fakta unik tentang sidik jari berikut ini.

Sidik jari manusia, kalian pasti punya deh (imageafter.com)

1. Polanya rumit

Rata-rata dari kita pasti punya sidik jari. Nah, saat kita udah merasa mengenali pola sidik jari itu, bukan berarti kita bisa mengidentifikasi sidik jari orang lain.

Yang harus kalian ketahui nih ... setiap orang memiliki pola sidik jari yang rumit dan unik. Hal itu tak bisa "dibaca" begitu aja, meski ahli forensik sekalipun. Pola sidik jari manusia amat rumit dan variatif, jadi emang cuma yang ahli aja yang bisa mengidentifikasinya.

2. Pola sidik jari tiap orang pasti beda

Semua manusia punya pola sidik jarinya masing-masing. Nggak akan ada yang sama satu sama lain. Termasuk untuk anak kembar identik sekali pun.

Sidik jari kita terbentuk dari beberapa lapisan kulit yang terpilin menjadi satu. Pola sidik jari tersebut mulai terbentuk dari sejak kita masih dalam kandungan loh.

Meski begitu, ada juga orang yang terlahir tanpa sidik jari (smithsonianmag.com)

3. Beberapa orang lahir tanpa sidik jari

Sejauh ini, sekurang-kurangnya terdapat empat pola sidik jari manusia. Di antaranya adalah swirl, arch, loop, dan triradius.

Di balik itu, ternyata ada juga loh beberapa orang yang terlahir tanpa memiliki sidik jari. Ini terjadi karena kondisi genetik yang mencegah pembentukan sidik jari di orang tersebut.

Kondisi genetik itu dikenali sebagai sindrom Naegeli-Franceschetti-Jodassohn (NFJS), Dermatophathia Pigmentosa Reticularis (DPR), dan Adermatoglyphia.

4. Tahan lama, tapi bisa hilang juga

Sidik jari serupa "dokumen" pada tubuh kita. Sifatnya tahan lama dan bisa membantu orang lain untuk mengidentifikasi tubuh. Hal ini sering digunakan untuk mengidentifikasi korban yang sudah lama meninggal dunia.

Sebaliknya, sidik jari ternyata juga bisa hilang loh. Terutama kalo terkena bahan kimia yang sangat keras. Apalagi kalo  bahan kimia itu bisa mengikis lapisan kulit yang membuat sidik jadi memudar hingga hilang.

Sidik jari kita pasti tertinggal di mana-mana (whoosh.com)

5. Tertinggal di benda yang kita sentuh

Sejatinya, kulit jari manusia akan mengeluarkan minyak dan garam yang akan meninggalkan residu. Karena itu, manusia bisa meninggalkan jejak sidik jari pada benda-benda yang disentuh.

Tapi nggak semua benda bisa menyerap informasi sidik jari dengan baik. Benda yang paling baik menyimpan sidik jari adalah kaca atau cermin.

Ya pokoknya itu dia gengs beberapa fakta unik tentang sidik jari manusia. Coba perhatikan, kalian udah menyentuh benda apa aja seharian ini? Sidik jari kalian ada di sana loh.

Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"