Dari Kepemimpinan SBY Hingga Jokowi, Indonesia Selalu Jadi yang Terdepan dalam Membela Palestina

Dari Kepemimpinan SBY Hingga Jokowi, Indonesia Selalu Jadi yang Terdepan dalam Membela Palestina

Sejak zaman Presiden Soekarno hingga Presiden Joko Widodo, Indonesia tidak pernah menghentikan dukungannya pada Palestina.

Konsistensi Indonesia untuk mendukung perjuangan rakyat Palestina ditunjukkan dengan jelas saat konflik Gaza pada tahun 2008-2009. Presiden Susilo Bambang Yudhoyono yang saat itu memimpin mengatakan bahwa Indonesia akan terus memberikan dukungan untuk Palestina dalam mempertahankan kedaulatan dan haknya.

Tidak hanya Presiden Susilo Bambang Yudhoyono. Presiden Joko Widodo pun memberikan dukungan penuh pada Palestina. Beliau bahkan terang-terangan mengatakannya pada saat membuka konferensi trilateral ulama Indonesia-Afghanistan-Pakistan di Istana Bogor. Pada Jumat, 11 Mei 2019 lalu.

Konflik di Jalur Gaza (matamatapolitik.com)

Saat itu, Jokowi menunjukkan dukungan Indonesia terhadap Palestina di hadapan ulama dari Indonesia dengan mengatakan, "Indonesia mengecam keras keputusan ini, keputusan pemindahan ini melanggar berbagai resolusi Dewan Keamanan dan Majelis Umum PBB."

 

Sebab pertemuan trilateral ulama tersebut dilaksanakan di tengah-tengah kondisi Palestina yang memprihatinkan. Terutama terkait pemindahan kedutaan besar Amerika Serikat ke Yerusalem.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"