Dampak Buruk Kalau Kalian Doyan Julid Sama Kehidupan Orang Lain

Dampak Buruk Kalau Kalian Doyan Julid Sama Kehidupan Orang Lain

Mungkin bagi beberapa orang, nggak julid sehari sama saja dengan lupa minum obat yang membuatnya tidak tenang pikirannya. Mereka harus mengomentari kehidupan orang lain. Dan yang diomongin biasanya sisi buruknya saja.

Tetapi mereka nggak sadar kalau julid itu bisa memberikan dampak buruk ke mereka sendiri. Meskipun orang julid kerap merasa jika aktivitasnya nggak akan berpengaruh, kan cuma ngomongin keburukan orang lain. Beda kalau nge-bully atau tindakan langsung lainnya. 

Apa saja dampak buruk kalau kalian tergolong orang yang doyan julid sama kehidupan orang lain gengs? Simak penjelasannya di bawah ya.

1. Berbalik menjadi bahan julid orang lain

1. Berbalik menjadi bahan julid orang lain Dampak buruk doyan julid sama kehidupan orang lain (pixabay.com)

Dampak buruk pertama jika kalian doyan julid adalah kalian akan berbalik menjadi bahan gosip orang sekitar. Ibaratnya, apa yang ditanam itu juga akan dituai. Dan sama ketika kalian suka julid maka kalian pasti akan menjadi bahan omongan orang lain.

Atau mungkin kalian sudah menyadari konsekuensi dari hal ini sehingga tetap melakukannya meski mendapat dampak buruk. Kalau begitu kalian sudah nggak sayang dengan diri sendiri. Segera berubah sebelum kejulidan orang membatasimu melakukan banyak hal.

2. Sering mendapat fitnahan

2. Sering mendapat fitnahan Dampak buruk doyan julid sama kehidupan orang lain (pixabay.com)

Julid dengan kehidupan orang membuatmu akan sering mendapat fitnahan. Ya meskipun fitnah adalah balasan yang tak lebih baik dari apa yang kalian lakukan. Tetapi tetap saja, jika gemar mencari masalah duluan, suatu saat masalah tersebut justru akan menjatuhkan dirimu sendiri. 

Kalian mungkin akan merasa fitnahan satu tak akan menjatuhkan posisimu sekarang. Tapi jangan salah, hanya butuh satu kesalahan yang fatal dan itu bisa mengubah kehidupan seseorang menjadi tidak menyenangkan.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"