Daftar Negara dengan Kasus Polusi Udara Terparah di Dunia, Indonesia Masuk?

Daftar Negara dengan Kasus Polusi Udara Terparah di Dunia, Indonesia Masuk?

Ibu kota Indonesia, Jakarta tengah diterpa masalah besar yakni polusi udara. Kasus polusi udara disebabkan oleh kendaraan bermotor dan polusi dari PLTU. Polusi udara berdampak besar bagi kesehatan manusia karena bisa menyebabkan gangguan pernafasan seperti ISPA, asma, hingga kanker paru-paru.

Sebenarnya selain Jakarta, masih ada beberapa negara di dunia dengan kasus polusi udara terbesar. WHO sedang menyoroti 5 negara berikut ini dengan masalah polusi udara paling berat. Untungnya Indonesia tidak masuk dalam daftar kelima negara tersebut.

Chad

Chad adalah negara di Afrika Tengah. Chad menjadi negara pertama di dunia dengan kasus polusi udara terparah.Chad memiliki rata-rata polusi 89.7 g/m3. Menurut CNN News penyebabnya karena kebakaran hutan, penggunaan batu bara, pembakaran bahan fosil, dan perubahan iklim.

Kasus Polusi Udara (Katakini.com)

Irak

Kasus polusi udara di Irak sangat besar. Irak berada di nomor dua. Berarti Irak juga menjadi negara asia pertama dengan polusi udara terparah. Rata-rata polusi udara di Irak mencapai angka 70.9 g/m3. Ibu kota Irak, Baghdad menjadi sumber polusi udara. Sejumlah cara sudah dilakukan untuk menanggulangi, salah satunya dengan memakai masker dan mengurangi aktivitas di luar rumah.

Pakistan

Sama dengan Irak ada Pakistan. Berada di kawasan Asia Selatan rata-rata polusi udara di Pakistan menyentuh angka 70.9 g/m3. Justru ibu kota Pakistan dan juga kota besar Islamabad bukan jadi penyebab polusi udara di negara tersebut melainkan kota Lahore.

Bahrain

Beranjak ke negara di timur tengah ada Bahrain. Negara yang kaya dengan tambang minyak ini punya rata-rata polusi udara 66.6 g/m3. Kambing hitam yang membuat negara ini tercemar udaranya adalah banyaknya industri pertambangan minyak di Bahrain.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"