Sekadar pengingat kamu, ini lho bencana alam di Indonesia 2017.

Negara Indonesia sering mengalami bencana alam. Mulai dari tsunami, gempa, tanah longsor atau gunung meletus. Kita juga bisa lho melihat beritanya yang tersebar di media sosial dan media massa.

Hal ini pun seringkali menimbulkan pertanyaan, apa sih yang membuat bencana alam di Indonesia sering terjadi? Jawabannya, dilansir dari Brainly, hal ini berhubungan erat dengan struktur geologi dan geografi Indonesia.

Singkatnya, Indonesia dilalui sabuk Alpide dan cincin api Pasifik. Selain itu, negara ini pun berdiri di atas pertemuan lempeng-lempeng tektonik. Tumbukan dari pertemuan lempeng tektonik inilah yang seringkali menyebabkan berbagai jenis bencana.

Selain itu, kawasan Indonesia juga dikenal sebagai "Ring of Fire" atau cincin api. Yang dimaksud, ada banyak gunung api aktif yang menyebar di sepanjang wilayah Indonesia. Mulai dari Sumatra, Jawa, Bali, Nusa Tenggara, Banda hingga Maluku.

Bencana alam (superradio.id)

Membaca keterangan di atas, mungkin kita bisa sedikit memahami mengapa ada banyak bencana alam yang terjadi di Indonesia. Dan buat pengingat, yuk coba kilas balik ke belakang. Fungsinya adalah agar kita juga bisa berperan aktif dalam menjaga lingkungan, cuy.

Nah, berikut adalah bencana alam di Indonesia 2017. Di antara bencana alam yang terjadi, sudah menelan banyak korban jiwa, cuy!

Siklon Tropis Cempaka dan Dahlia

Akhir tahun 2017 lalu, wilayah Indonesia dilewati siklon tropis Cempaka dan Dahlia. Siklon tropis Cempaka terbentuk di perairan selatan Jawa Tengah, sekitar 100 km di sebelah selatan tenggara.

Siklon Dahlia (bmkg.go.id)

Dan saat siklon Cempaka menjauh dari wilayah Indonesia, disusul dengan kemunculan siklon Dahlia. Siklon ini lahir di wilayah 470 km sebelah barat daya Bengkulu.

Dari kedua siklon tersebut, jumlah pengungsi mencapai 28.190 orang. Selain itu, 4.888 rumah rusak, 36 unit jembatan rusak, 3.212 rumah terendam, 21 fasilitas pendidikan rusak dan empat fasilitas peribadatan rusak.

Gunung Sinabung

Pada bulan November di tahun yang sama, Gunung Sinabung yang terletak di Desa Tiga Pancur, Karo, Sumatera Utara meletus. Letusan Gunung Sinabung ini pun menjadi salah satu bencana alam di Indonesia 2017 yang paling diperhatikan masyarakat Indonesia.

Erupsi Gunung Sinabung (news.okezone.com)

Syukurnya, tak ada korban jiwa dari bencana alam ini. Namun, ribuan penduduk terpaksa mengungsi akibat abu vulkanik letusan Gunung Sinabung.

Longsor di Ponorogo

Bencana alam longsor terjadi di Kabupaten Ponorogo, Jawa Timur pada hari Senin (3/4/2017). Tercatat, wilayah yang terkena dampak paling parah terjadi Dukuh Tingkil, Jawa Timur.

Longsor di Ponorogo (jitunews.com)

Dalam peristiwa ini, setidaknya ada 30 rumah yang terkubur dan satu ladang dengan panjang mencapai 800 meter. Dan dari kejadian ini, pemerintah setempat pun menjadikan wilayah longsor ini sebagai zona merah. Artinya, wilayah di dalam zona merah dianggap sebagai wilayah berbahaya dan dilarang digunakan untuk aktivitas.

Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna



Facebook Conversations