Daftar 10 Tempat dengan Suhu Terpanas di Dunia, Ada yang Panasnya Mencapai 70 Derajat Celcius, Lho!

Daftar 10 Tempat dengan Suhu Terpanas di Dunia, Ada yang Panasnya Mencapai 70 Derajat Celcius, Lho!

Banyak orang merasa daerah tempat tinggalnya terlalu panas hingga membuatnya gerah. Mereka pun akan dengan segera menyalakan kipas atau AC sebagai pendingin ruangan. Wajar sih. Apalagi posisi Indonesia yang terletak dekat dengan ekuator memengaruhi suhu lingkungan yang relatif panas. 

Namun, kamu jangan mengeluh dulu dengan suhu udara di Indonesia yang panas ini, ya Gengs. Sebab, beberapa tempat di belahan dunia yang lain ini ternyata lebih panas dari wilayah Indonesia, lho. 

Satu di antaranya bahkan mencapai suhu hingga 70 derajat celcius, artinya lebih tinggi dari keadaan tubuh manusia ketika demam. 

Wah, sepanas apa, ya, tempat-tempat tersebut? Yuk, simak penjelasannya berikut ini!

1. Death Valley, California, Amerika Serikat

10 Tempat dengan Suhu Terpanas di Dunia, Death Valley, California (Visit California)

Tempat ini begitu terkenal dan telah mendapatkan rekor sebagai tempat yang memiliki suhu terpanas di dunia. Rekor tersebut khususnya untuk Furnace Creek di Taman Nasional Death Valley, California. 

Pada tahun 1913, gurun itu pernah tercatat mencapai suhu hingga 56,7 derajat celcius. Pada 2020, suhu tertinggi yang dicapai di daerah tersebut yaitu 54,4 derajat celcius. 

Dijuluki sebagai tempat terkering di Amerika Serikat, suhu rata-rata lingkungan tersebut mencapai 47 derajat celcius selama musim panas. 

2. Ouargla, Algeria

Algeria merupakan sebuah negara yang terletak di pesisir Laut Tengah, Afrika Utara. Algeria sendiri pernah tercatat memiliki suhu tertinggi di Afika, yaitu 51,3 derajat celcius. Tepatnya di Gurun Sahara, Aljazair pada tahun 2018. 

Di daerah lain Afrika, tepatnya di Kebili, Tunisia, tercatat dalam rekor resmi memiliki suhu mencapai 55 derajat celcius. 

3. Mitribah, Kuwait

Tercatat dalam rekor pada 21 Juli 2016 silam, Mitribah memiliki suhu panas hingga mencapai 53,9 derajat celcius. 

Daerah ini mendapatkan rekor sebagai daerah dengan suhu tertinggi di wilayah Benua Asia. 

4. Basra, Iraq

Tercatat dalam rekor, pada 22 Juli 2016 di Bandara Internasional, Basra mencapai suhu hingga 53,9 derajat celcius. Sama dengan suhu di Mitribah, Kuwait.

5. Turbat, Pakistan

Pada 28 Mei 2017 lali, Turbat tercatat mengalami suhu panas yang mencapai 53,7 derajat celcius. 

6. Dallol, Ethiopia 



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"