Daerah Ini Jadi Kawasan Paling Kumuh Se-Asia: Gimana Rasanya Tinggal di Sana, Ya?

Daerah Ini Jadi Kawasan Paling Kumuh Se-Asia: Gimana Rasanya Tinggal di Sana, Ya?

Dharavi dinobatkan sebagai daerah terkumuh se-Asia. Saking kumuhnya, di sana, kamu tak akan menemukan rumah yang menyediakan jamban hingga kamar mandi.

Hal inilah yang membuat masyarakat di sana bergantung ke toilet umum. 

Dharavi sendiri merupakan kawasan di tengah kota Mumbai, India yang punya luas wilayah 2,5 kilometer persegi dan memiliki penghuni 1 juta penduduk. 

Dari laporan Urbz, di tahun 2016, dalam 1 blok toilet umum berisikan 14 bilik kamar mandi pria dan 14 bilik untuk wanita. Jadi, kira-kira kamar mandi di sana bisa menampung 245 orang dalam stu kawasan.

Namun, masyarakat di sana selalu menggambarkan toilet umum sebagai tempat yang mengerikan. Di sana juga tak tersedia toilet dengan air mengalir sehingga warga harus membawa air sendiri-sendiri. 

Dharavi, kawasan terkumuh se-Asia yang berada di India (kompas.com)

Untuk fasilitas toilet umum ini ada yang gratis maupun berbaya. Meski berbayar, kebanyakan kondisi toilet di sana sudah cukup tua dan rusak. Sehingga para wanita umumnya menggunakan toilet secara bersamaan.

"Beberapa orang bahkan hanya pergi ke toilet sehari sekali jika sudah tak tahan lagi (untuk buang air). Hal ini menyebabkan infeksi dan masalah kesehatan," kata Pekerja Sosial di Dharavi, Harshada Doiphode ke IndianExpress.com, dikutip dari Financial Express, Rabu (2/8/2023).

Seorang warga di sana, bernama Soni, benar-benar paham seperti apa rasanya harus mengantre setiap pagi untuk menggunakan toilet. Ia juga perlu membawa air bersih sendiri dari drum besar. 

Namun saat ini, disebutkan jika sudah tersedia toilet umum baru dengan luas 6.000 kaki meter persegi bernama Suvidha Center dan dianggap sebagai toilet umum terbesar di India.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"