Contoh MoU Kerjasama, Disimak Nih... Kali Aja Kalian Mau Bikin Kontrak Kerja

Contoh MoU Kerjasama, Disimak Nih... Kali Aja Kalian Mau Bikin Kontrak Kerja

Contoh MoU tuh kayak gimana sih? Eits, sebelum ngeliat contohnya, kalian perlu tau apa itu MoU gengs. MoU adalah singkatan dari Memorandum of Understanding. Ini adalah sebuah surat yang digunakan untuk bikin kerjasama dari dua belah pihak yang berbeda. 

Dalam Black's Law Dictionary, MoU adalah pernyataan yang ditulis dan berisikan uraian persyaratan sebuah kesepakatan. Termasuk juga transaksi secara tidak langsung, pengikat kontrak, atau pernyataan yang dibuat berdasarkan kesepakatan antara kedua belah pihak.

MoU kerjasama (irna.ir)

Menurut sejumlah ahli, Mou punya beberapa unsur nih. Pertama, MoU adalah soal kesepakatan pendahuluan. Kedua, MoU berisi tentang hal-hal yang diutamakan atau pokok-pokoknya. Ketiga, MoU dibuat dalam bentuk kontrak dan disertai dengan peraturan atau konsekuensi yang mengikat. 

Ini harus disepakati gengs. Makanya, jangan buru-buru pengen tau contoh Mou gengs. Hehehe....

Nah, ada beberapa poin yang harus diperhatikan untuk struktur dalam perjanjian MoU. Coba simak nih.

Bikin MoU kerjasama (samacharnama.com)

1. Kolom pernyataan untuk tanda tangan pada lembaran contoh MoU harus dilengkapi dengan identitas kedua belah pihak. Atau bisa juga sih diwakilkan.

2. Ada kolom pengertian umumnya. Di kolom ini, harus dijelasin juga tuh definisi dibuatnya MoU kerjasama. Semua harus diuraikan secara jelas dan detail. Coba kalian bisa tanyain nih sama orang yang udah pernah ngerjain MoU. Lihat contoh MoU-nya deh.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"