Contoh Kejahatan Genosida di Indonesia

Contoh Kejahatan Genosida di Indonesia

Tahu kah kamu, kalau dunia Internasional sana mengenal sosok Hitler sebagai salah satu penjahat genosida paling mengerikan di dunia.

Pasalnya, jutaan kaum Yahudi kala itu dibantai habis-habisan. Akhirnya kasus tersebut dicatat sebagai kasus genosida paling mengerikan di dunia. Kalau Hitler masih hidup, jelas, dia akan diadili di ranah hukum internasional.

Sebenarnya kasus pembunuhan massal seperti itu juga pernah terjadi di Indonesia lho gengs. Apa aja dan dimana aja? Yuk kita simak contoh kejahatan genosida di Indonesia.

Pembantaian Mandor oleh Tentara Jepang (1943-1945)

Pembantaian Mandor oleh Tentara Jepang (1943-1945) (dictio.id)

Pada zaman penjajahan negara Jepang sempat menjajah negeri kita selama 3,5 tahun. Dan kekejamannya sama saja dengan Belanda.

Daerah Mandor pernah menjadi saksi bisu pristiwa genosida mengerikan yang memakan korban sebanyak 20.000 orang. Mereka dibantai dengan keji walaupun tak salah apa-apa.

Pembantaian Etnis Tionghoa (1740)

Pembantaian Etnis Tionghoa (1740) (merahputih.com)

Emang sih kasusnya tak begitu banyak orang yang tahu, namun di tahun 1740 Tanah Air pernah digegerkan dengan pembantaian massal etnis Tionghoa.

Ini adalah contoh kejahatan genosida di Indonesia yang dilakukan oleh VOC. Alasannya sih karena masalah kalah saing perdagangan.

Pembantaian Massal Saat Membangun Jalan Raya Pos (1808-1809)

Pembantaian Massal Saat Membangun Jalan Raya Pos (1808-1809) (boombastis.com)

Mengapa peristiwa ini menjadi contoh kejahatan genosida di Indonesia? Ya karena pada masa itu pemerintah Belanda membuat proyek besar untuk membangun jalan sepanjang 1.000 km.

Di bawah kekuasaan bengisnya Gubernur Jendral Herman Willem Daendels, puluhan ribu orang melakukan kerja paksa dengan diberi makan seadanya. Hasilnya proyek jalan ini memakan korban sebanyak 12.000 jiwa. Tega banget ya.

Pembantaian Westerling di Sulawesi Selatan (1946-1947)

Pembantaian Westerling di Sulawesi Selatan (1946-1947) (idsejarah.net)

Pada tahun itu Belanda belum menerima kemerdekaan Indonesia yang sudah dideklarasikan pada tahun 1945.

Pada masa itu Belanda membantai banyak orang yang dikira sebagai pejuang dan penjahat. Jelas saja ini jadi masuk contoh kejahatan genosida di Indonesia dong ya ....

Pembantaian Anggota PKI (1965-1966)

Pembantaian Anggota PKI (1965-1966) (cyberspaceandtime.com)

Contoh kejahatan genosida di Indonesia yang terakhir dan masih menyisakan kenangan buruk bagi kedua belah pihak adalah pembantaian anggota PKI pada tahun 1965-1966 gengs.

Peristiwa ini menjadi peristiwa yang menggegerkan dunia. Pasalnya, ini jadi tragedi mengerikan di abad ke-20 karena sebanyak 500.000 orang dibantai habis-habisan. Ngeri banget.

Jadi itulah beberapa contoh kejahatan genosida di Indonesia yag sampai saat ini masih menyisakan kesedihan. Gimana menurut kalian?

Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"