Cerita Silat Indonesia: Komiknya Terkenang Sepanjang Masa

Cerita Silat Indonesia: Komiknya Terkenang Sepanjang Masa

Silat adalah salah satu serangkaian ilmu bela diri yang sudah menjadi warisan budaya bagi bangsa Indonesia ini.

Tentunya banyak novel, komik, majalah yang bergenre silat menjadi suguhan yang menarik bagi kita. Apalagi generasi 80 dan 90-an. Berikut ada contoh komik cerita silat indonesia yang melegenda. Apa aja? Simak aja di sini.

Kho Ping Hoo

Kho Ping Hoo Kho Ping Hoo (ebooks.gramedia.com)

Walaupun berlatarkan cerita-cerita dan budaya Tiongkok sana dan gak termasuk cerita silat Indonesia. Tapi ternyata penulisnya dari Indonesia dan populer lho.

Ia menulis sampai 120 judul cerita komik dengan latar budaya Cina karena beliau terinspirasi film-film silat Hong Kong dan Taiwan.

Jaka Sembung

Jaka Sembung Jaka Sembung (goodreads.com)

Pada era 60-an ada komik yang diangkat dari cerita silat Indonesia yang menjadi legenda. Nama komiknya Jaka Sembung.

Nama Jaka sembung muncul dalam komik Bajing Ireng, sampai-sampai saking populernya, film ini diangkat ke layar lebar lho gengs. Keren!

Sri Asih

Sri Asih Sri Asih (Pinterest.com)

Komik cerita silat Indonesia ini adalah karya RA Kosasih yang saat itu dikenal dengan Bapak Komik Indonesia.

Ini bisa juga dibilang jadi komik super hero pertama di Indonesia sendiri. Pada tanggal 1 Januari 1954, komik ini terbit dan langsung mendapat banyak pembaca dari Indonesia.

Panji Tengkorak

Panji Tengkorak Panji Tengkorak (wowasiknya.com)

Komik yang mengusung genre cerita silat Indonesia ini muncul sebanyak lima serial. Penciptanya adalah komikus Indonesia bernama Hans Jaladara.

Saking populernya, komik ini didaur ulang dan diterbitkan kembali di tahun 1985. Latar ceritanya adalah perguruan-perguruan silat se-Nusantara yang saling beradu dan berebut pengaruh kekuasaan.

Si Buta dari Gua Hantu

Si Buta dari Gua Hantu Si Buta dari Gua Hantu (jualkomiklama.blogspot.com)

Komik dengan genre cerita silat Indonesia yang terakhir adalah Si Buta dari Gua Hantu. Komik ini terbit pada tahun 1960-an, bersamaan dengan Panji Tengkorak.

Komik ini menceritakan menceritakan kisah hidup tragis Barda Mandrawata. Yaitu seorang pendekar silat yang tewas di tangan seorang pendekar kejam misterius. Saking populernya komik ini juga diadaptasikan ke dalam film layar lebar lho di tahun 1970-an. Gokil!

Sekarang jadi tahu kan beragam komik silat yang melegenda di Indonesia gengs? Gimana? Indonesia di masa lampau keren banget ya, punya sosok super hero sendiri.

Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"