Cek Dulu Bulan Baik untuk Mendirikan Rumah, Biar Pembangunan Selalu Lancar

Cek Dulu Bulan Baik untuk Mendirikan Rumah, Biar Pembangunan Selalu Lancar

Mendirikan rumah atau melakukan renovasi di beberapa bagian rumah adalah hal yang wajar. Tapi tidak sedikit orang yang memperhatikan bulan baik untuk mendirikan rumah. Bila proses pembangunan tau renovasi rumah dimulai dengan bulan yang baik, dipercaya proses pembangunan akan lancar.

Di sejumlah wilayah di Pulau Jawa banyak penduduk di suatu daerah yang menentukan bulan yang baik. Misalnya masyarakat di kawasan Gunung Kidul, Yogyakarta, masih menganut kepercayaan kental bila mau membangun rumah. Misalnya bulan Syahwal dianggap sebagai bulan paling baik untuk membangun dan merenovasi rumah.

Tak cuma membangun rumah karena bulan Syahwal dipercaya adalah bulan berkah bagi pasangan yang akan menikah hingga orangtua yang akan menggelar sunatan untuk anaknya.

Ilustrasi Pembangunan Rumah (Kompas.com)

Ada juga masyarakat yang menilai hari Minggu Pahing disukai banyak orang untuk memulai membangun rumah. Minggu Pahing dipercaya memiliki makna berdiri tegap (Jawa, ngadek jejek). Bila dikaitkan dengan pembangunan rumah makna tersebut memiliki harapan agar rumah nanti dapat dibangun dengan kokoh dan keluarga yang tinggal dipayungi kebahagiaan.

Ilmukesatian.blogspot.com menjelaskan dalam kalender Jawa terdapat bulan yang dianggap baik untuk memulai membangun rumah yakni bulan Bakda mulud, Ruwah, Dulkaidah, dan Besar. Sementara 8 bulan lainnya dianggap kurang baik jika memulai mendirikan rumah karena bisa terjadi sesuatu dalam proses pembangunan.

Jadi tentukan dulu mau memulai membangun rumah dari keempat bulan tersebut. Setelah memilih satu dari empat bulan baik itu, saatnya memilih hari dan pasaran yang baik untuk mendirikan rumah. Di hari dan pasaran yang ada terdapat tingkatan hari dan pasaran yang paling baik 1,2,dan 3.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"