Catat! 5 Alasan Kenapa Naik Odong-odong di Jalanan Itu Berbahaya

Catat! 5 Alasan Kenapa Naik Odong-odong di Jalanan Itu Berbahaya

Kecelakaan odong-odong tertabrak kereta  yang terjadi di Serang, Banten pada Selasa (26/7) memang memilukan. Dari kejadian itu ada 9 orang meninggal dunia. 9 orang banyak anak-anak kecil yang jadi korban kecelakaan itu. Diduga kejadian itu terjadi lantaran sopir odong-odong tidak hati-hati saat melintas di perlintasan kereta api tanpa pintu.

Kasus kecelakaan odong-odong dengan kendaraan lain juga sering terjadi. Misalnya sebuah odong-odong yang pernah ditabrak truk di Jakarta. Beruntung tidak ada korban jiwa dalam kecelakaan tersebut. Kemunculan odong-odong di jalanan memang membuat pengguna jalan khawatir.

Meskipun odong-odong dianggap bisa jadi hiburan murah meriah bagi anak-anak dan orangtua, namun odong-odong yang berjalan di jalanan sebenarnya bisa mendatangkan bahaya yang tidak bisa disepelekan. Berikut ini ada 5 alasan kenapa naik odong-odong di jalan raya bisa membahayakan.

5 Alasan Kenapa Naik Odong-odong di Jalanan Itu Berbahaya (Tempo.co)

1.    Tidak Ada Sabuk Pengaman

Odong-odong yang biasa ada di jalanan adalah berbentuk mobil. Jika kendaraan lain sopir dan penumpang mengenakan sabuk pengaman, berbeda dengan odong-odong yang tidak disediakan sabuk pengaman. Tentu pengamanan yang tidak lengkap membuat sopir dan penumpang bisa mengalami kejadian naas di jalan karena taka da sabuk pengaman.

2.    Tidak Ada Kaca

Desain sederhana odong-odong membuat tidak ada kaca yang bisa dijadikan pelindung bagi sopir dan penumpang odong-odong. Hal itu sangat membahayakan penumpang dan sopir. Sebab jika terjadi benturan, maka tidak ada pelindung atau penghalang sehingga orang yang di dalam odong-odong bisa terlempar keluar odong-odong.

3.    Suara Musik Terlalu Keras

Bukan odong-odong namanya kalau selama dalam perjalanan tidak menyetel musik dengan volume suara keras. Sebab lagu-lagu itu bisa jadi hiburan bagi penumpang yang naik odong-odong. Biasanya lagu yang sering diputar di odong-odong adalah lagu anak-anak.  Karena suara musik kencang membuat sopir tidak fokus dengan keadaan sekitarnya.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"