Cara unik Malaysia memilih Raja pengganti Sultan Muhammad V, Sistemnya lumayan unik sih ....

Belum lama ini Sultan Muhammad V sudah menghebohkan netizen dengan menikahi seorang putri kecantikan asal Rusia. Kini didapati beliau mengundurkan diri dari tahtanya sebagai Raja di Kelantan, Malaysia.

Saat ini Malaysia akan segera memilih rajanya dengan sebuah sistem yang unik. Belum diketahui secara pasti, apa alasan lengsernya Sultan Muhammad V. Namun apapun alasanya, Malaysia harus segera memilih raja berikutnya. 

Sultan Muhammad V (globaltimes.cn)

Walaupun peran raja tak terlalu signifikan, tapi posisi ini adalah simbol dari pemerintahan monarki Konstitusional Malaysia.

Sejatinya raja berikutnya sudah bisa diketahui karena posisi ini digilir dalam lima tahunan di antara sembilan sultan dalam daftar bernama "daftar pilih". Jadi di Malaysia tidak ada namanya putra mahkota pengganti raja dalam sistem yang sudah diterapkan sejak kemerdekaan Malaysia 1957 ini.

Berdasarkan urutanya, setelah sultan kelantan maka yang akan menjadi raja berikutnya adalah pemimpin Pahang, Sultan Ahmad Shah. Dan urutan berikutnya adalah Sultan Ibrahim Sultan Iskandar dari Johor dan Sultan Nazhir dari Perak.



Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna

Facebook Conversations