Cara Tak Lazim Orang Bersalaman dari Beberapa Masyarakat Dunia

Cara Tak Lazim Orang Bersalaman dari Beberapa Masyarakat Dunia

Kalau kita bertemu dengan seseorang yang kita cukup kenal, refleks pertama kita tentu dengan menjulurkan tangan untuk mengajak bersalaman. Ini adalah cara paling lazim yang kita ketahui selama ini.

Namun berbeda dengan sejumlah masyarakat di beberapa negara ini. Mereka memiliki caranya yang tersendiri untuk menghormati orang yang baru saja bertatap muka. Yuk kita simak bagaimana cara bersalaman yang tak lazim itu di bawah ini gengs.

1. Mongolia

1. Mongolia Cara tak lazim ketika bersalaman dari berbagai negara (wikipedia.org)

Masyarakat Mongolia memiliki cara yang unik dalam menyapa orang. Tentu saja bukan dengan jabat tangan seperti yang lazim kita gunakan. Mereka biasanya akan saling memegang lengan.

Salam ini disebut dengan Zolgokh. Pihak yang lebih muda akan memegang siku orang yang lebih tua dari bawah sebagai simbol bahwa mereka memberikan support kepada kaum tetua. Mereka juga akan saling menempelkan pipi sembari bertanya kabar masing-masing.

2. Tibet

2. Tibet Cara tak lazim ketika bersalaman dari berbagai negara (thewonderlist.net)

Sementara itu, penduduk di Tibet akan menjulurkan lidahnya sebagai tanda rasa hormat kepada orang lain. Cara ini memang mungkin menurutmu agak tak wajar, apalagi di Indonesia, tindakan menjulurkan lidah bukanlah perilaku yang pantas dilakukan. 

Namun, di Tibet cara menyapa dengan menjulurkan lidah memberi arti bahwa masyarakat Tibet bukanlah reinkarnasi dari raja abad kesembilan yang jahat dengan lidah hitam. Filosofi tersebut memiliki arti bahwa seseorang yang memiliki lidah yang sehat dan berwarna merah muda, maka orang tersebut bukanlah orang jahat.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"