Cara Praktis Membuat Tandu Pramuka

Cara Praktis Membuat Tandu Pramuka

Tandu pramuka adalah perlengkapan yang wajib dimiliki oleh anak pramukan Begini cara membuat tandu pramuka dengan mudah dan cepat.

Anak pramuka wajib bisa bikin tandu sendiri. Karena tandu merupakan alat yang penting dalam kegiatan kepramukaan. Membuat tandu pramuka juga sering dijadikan perlombaan dalam kegiatan pramuka. Membuat tandu tidak hanya tepat tapi juga harus cepat.

Sebelum membuat tandu, baiknya kita tahu peralatan apa aja yang dibutuhkan. Biar gak ada yang kelewat gengs.

Contoh simpul (tekpram.com)

1. Tongkat

Tongkat pramuka bisa kamu dapatkan di toko-toko pramuka. Kalau memang tidak ada tongkat pramuka, kamu bisa pakai kayu atau biasanya menggunakan bambu. Bambu yang digunakan sesuaikan besarnya, agar mudah digenggam.

Ketika dalam keadaan darurat, di dalam hutan misalnya, kamu bisa pakai ranting kayu yang kuat untuk membuat tandu.

2. Tali 

Tali pramuka bisa kamu beli di toko pramuka dengan panjang yang bervariasi. Kalau gak ada tali pramuka bisa kamu ganti dengan tali yang sekiranya kuat untuk membuat tandu. Karena tandu digunakan untuk mengangkat seseorang.

3. Teknik tali-temali

Setelah semua perlengkapan ada, kamu juga harus punya kemampuan tali-temali dasar untuk membuat tandu. Kalau belum bisa cari tutorial tentang simpul ya. Kalau salah nanti orang yang ditandu bisa jatuh.

Beberapa jenis simpul yang harus kamu tahu adalah simpul pangkal dan simpul jangkar.

Contoh tandu pramuka (id.pinterest.com)

Sekarang masuk ke bagian cara membuat tandu pramuka

1. Kamu bisa membuat tandu berdua dengan seorang teman. Masing-masing memegang satu buah tongkat. Lalu sejajarkan dua tongkat yang akan digunakan.

2. Siapkan tali yang akan digunakan. Kalau tali yang kamu miliki pendek, sambung dulu keduanya dengan simpul mati.

3. Ambil ujung tali pramuka pertama dan ikat di ujung tongkat pramuka dengan simpul pangkal (jangan terlalu ujung, sisakan ruang untuk pegangan tangan). Buat simpul dengan kuat.

4. Lakukan langkah ketiga, untuk tali dan tongkat satunya. Buat kedua simpul dengan jarak yang sama dengan ujung tongkat.

5. Ikatkan tali dari tongkat pertama ke tongkat kedua dengan simpul pangkal sejajar dengan posisi ikatan pangkal tongkat satunya sepanjang siku tangan. Lakukan juga untuk tongkat satunya.

6. Langkah selanjutnya untuk membuat tempat pembaringan atau badan tandu. Silangkan kedua tali agar masing-masing tali kembali ke tongkat dimana ujung tali tersebut terikat terakhir.

Badan tandu (pramukasmpn66jakarta.wordpress.com)

7. Setelah tali tersilang dengan baik, ikatkan masing-masing tali ke tongkat (kanan-kiri) dengan simpul jangkar.

8. Ulangi langkah 6 dan 7 hingga simpul tali mencapai ujung tongkat. Buatlah simpul yang kuat agar tandu tidak kendor dan mudah terlepas talinya. Tarik tali dengan kuat untuk memastikan tali terikat dengan sempurna pada tongkat.

9. Untuk mengakhiri proses pembuatan tandu ini tutup ujung simpul dengan cara membuat tandu pramuka langkah 5.

Begitulah cara membuat tandu pramuka yang mudah. Selamat mencoba.

Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"