Cara Mudah Buat Paspor Online Jakarta Selatan, Segera Siapkan Buat Liburan!

Cara Mudah Buat Paspor Online Jakarta Selatan, Segera Siapkan Buat Liburan!

Teknologi terbukti bisa mempermudah hidup manusia. Mulai dari komunikasi, hingga segala macam transaksi.

Semua itu berkat kemampuan teknologi untuk mempercepat pertukaran informasi. Sebagai contoh, kamu bisa seakan-akan berada di Maldives dengan menggunakan layanan Google Street. 

Pun kamu juga bisa mendapat referensi restoran terdekat yang sesuai dengan selera hanya dengan menanyakannya kepada Google Asisstant.

Nggak jauh berbeda di urusan birokrasi. Meskipun dari dulu Indonesia terkenal memiliki birokrasi yang lambat, yang sering kali bikin milenial habis kesabaran, sedikit demi sedikit mulai teratasi.

Sekali lagi, semua itu berkat teknologi. Dan buat kamu yang doyan liburan ke luar negeri, tentu membutuhkan paspor, dong. 

Pengin buat tapi malas antre? Atau kamu adalah tipe yang paling nggak betah dibikin mondar-mandir antar instansi demi mendapat tanda tangan lalu memperlancar pengajuan berkas yang sesuai birokrasi?

Paspor (pergi.com)

Nah, coba aja kamu nikmati fitur daftar paspor online. Kamu bisa mendapatkannya melalui laman resmi imigrasi.

Jadi, buat kamu yang pengin daftar paspor online di Jakarta Selatan, coba deh ikut langkah demi langkah berikut ini. Tenang aja, nggak ribet, kok.

Pengertian paspor online

Harus dipahami, berbeda banget lho antara paspor online dengan e-paspor. Paspor online adalah cara daftar atau buat paspor secara online. 

Sedangkan e-paspor adalah paspor tapi dalam bentuk elektronik. Jika membuat paspor online, kamu bakal mendapatkan bentuk fisik dari paspor pada umumnya. Jadi, aktivitas online yang dilakukan hanyalah sebatas mengirimkan berkas dan mengambil nomor antrean.

Antrean paspor online (blog.reservasi.com)

Lalu, ketika kamu mendatangi langsung kantor Imigrasi, tinggal verifikasi data dan ambil paspor, deh. Tentunya menghemat banyak waktu, kan?

Sedangkan untuk e-paspor, biasanya hanya terdiri dari paspor dengan data biometrik yang tersimpan di dalam chip yang berada di paspor.

Syarat untuk buat paspor online

Sebelum mulai melangkah menuju situs daftar paspor online, ada baiknya sih kamu menyiapkan terlebih dahulu dokumen syarat yang dibutuhkan. Setidaknya, bisa menghemat waktu dan jadi lebih efektif, kan?

Untuk Warga Negara Indonesia (WNI)

  • Kartu Tanda Penduduk (e-KTP) yang masih berlaku beserta fotokopinya
  • Kartu Keluarga (KK) beserta fotokopinya
  • Akta kelahiran/surat baptis beserta fotokopinya
  • Akta perkawinan/buku nikah/ijazah beserta fotokopinya (hanya perlu membawa salah satunya). Pastikan dokumen yang dipilih memuat informasi mengenai nama, tempat & tanggal lahir, serta nama orangtua.
  • Paspor lama, jika ingin perpanjang paspor
  • Siapkan materai 6000

Paspor online (tribunnews.com)

Untuk anak WNI yang berdomisili di Indonesia

  • KTP kedua orangtua yang masih berlaku beserta fotokopinya
  • Kartu Keluarga (KK) beserta fotokopinya
  • Akta kelahiran/surat baptis beserta fotokopinya
  • Buku nikah orangtua/akta perkawinan beserta fotokopinya
  • Paspor biasa lama bagi yang telah memilikinya
  • Siapkan materai 6000

Cara membuat paspor online dari Jakarta Selatan

Ada tiga cara yang bisa kamu coba untuk membuat paspor online. Bukan untuk bikin pengguna ribet atau kebingungan. Ketiga cara ini justru dibuat agar kalian bisa lebih mudah dalam menggunakannya.

Cara pertama adalah melalui aplikasi. Kamu tinggal download aplikasi 'Layanan Paspor Online' di Google Play Store aja. Ini bukan aplikasi penipuan kok. Pasalnya, aplikasi ini dibuat dan dikembangkan langsung oleh Direktorat Sistem dan Teknologi Informasi Keimigrasian Indonesia.

Setelah itu, kamu tinggal isi langkah dan syarat yang dibutuhkan. Mudah dan yang pasti nggak ribet, kok.

Nah, untuk cara kedua, kamu bisa melalui situs resmi Direktorat Jenderal Imigrasi. Kamu bisa mengakses situs ini lewat mobile phone atau desktop. Ini nih alamatnya: antrian.imigrasi.go.id

Daftar paspor online lewat WhatsApp Gateway Service (GWS)

Untuk daerah sekitar Jakarta, layanan daftar paspor online terasa lebih mudah berkat adanya fitur WhatsApp Gateway Service. Kamu bisa mengirimkan dan mendaftar antrian cukup lewat aplikasi WhatsApp aja.

Paspor online (pergi.com)

Caranya pun mudah; simpan nomor dari kantor imigrasi yang mau dikunjungi, simpan nomor telepon lalu hubungi via aplikasi WhatsApp.

Setelah itu, buat pesan baru dengan format #Nama#TanggalLahir#TanggalKedatangan untuk pembuatan paspor. Contoh: #Melania#01011995#01012019.

Pengin bikin paspor online Jakarta Selatan? Mudah kok; terapkan aja 3 cara daftar antrian di atas.

Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"