Cara Menyanyi dengan Benar, Biar Suara Sumbangmu Terselamatkan

Cara Menyanyi dengan Benar, Biar Suara Sumbangmu Terselamatkan

Halo sobat penyanyi kamar mandi. Kalau kamu suka nyanyi tapi udah gak enak sama tetangga, kalian bisa belajar cara menyanyi dengan benar. Gak berbakat dan gak punya suara emas sejak lahir juga gak masalah kok.

Tahu cara menyanyi dengan benar, bikin setidaknya suara kalian gak sumbang-sumbang banget. Nada yang diambil pas nyanyi gak banyak yang meleset.

Kalau nadanya bener, meski suara kalian pas-pasan bisa banget kok tetep enak di dengarkan.

Dikutip dari berbagai sumber, gini cara menyanyi dengan benar.

1. Pakai Pitch Pipe Tuner

Kalau belum pernah latihan musik atau nyanyi pasti belum tahu alat ini. Biar kamu tahu cara menyanyi dengan benar, wajib punya alat ini.

Pitch Pipe Tuner berbentuk lingkaran dengan notasi huruf yang mengelilingi alat musik tersebut. Kalau mau pakai, cukup garahkan ke notasi huruf yang diinginkan, lalu tiup deh. Maka akan menghasilkan nada yang diinginkan.

Kalau gak mau beli, ada juga loh aplikasinya di smart phone kamu. Download aja biar bisa buat belajar. Alat ini berfungsi untuk menyamakan antara nada dasar dengan nada yang kita keluarkan melalui vocal kita.

2. Belajar tangga nada

Belajar tangga nada (nocturnal.asia)

Tangga nada diatonik adalah Do-Re-Mi-Fa-Sol-La-Si-Do. Meski ini sulit pada awalnya, kalau kamu serius kamu harus tahu. Setidaknya pahami dulu nada-nada dasar pada tangga nada diatonik. Dari sini kamu bisa tahu cara menyanyi dengan benar.

3. Pernafasan

Salah satu cara menyanyi dengan benar adalah tahu teknik pernafasan. Teknik pernafasan merupakan teknik dasar untuk memiliki suara yang punya power. Biar kamu gak kehabisan nafas dan ngos-ngosan pas nyanyi.

4. Postur

Postur tubuh yang benar (howtobecomeaprofessionalsinger.com)

Cara menyanyi dengan benar juga bisa dilatih dengan memiliki postur tubuh yang benar. Buatlah badan tegap dan rileks saat bernyanyi. Jangan membungkuk dan mengangkat bahu ketika mengambil nafas.

5. Cara membuka mulut

Cara menyanyi dengan benar selanjutnya adalah masalah membuka mulut. Cara buka mulut penting karena dari sini suara kita keluar. 

Membuka mulut dengan lebar memperlancar jalannya resonansi udara, agar suara yang dihasilkan sempurna. Maksimal lebar rongga mulut adalah 3 jari.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"