Cara Menentukan Arah Kiblat Sholat Secara Manual dan Online

Cara Menentukan Arah Kiblat Sholat Secara Manual dan Online

Di mana pun berada sholat adalah suatu kewajiban. Harus dilaksanakan sesuai waktu yang dianjurkan. Ketika bepergian atau tiba di tempat yang baru dan sing, kita sering bingung menentukan arah kiblat yang benar. Apalagi jika matahari sudah tidak ada, jadi gak tahu mana barat dan timur.

Kiblat umat Muslim saat sholat adalah Kabah di Masjidil Haram, Mekah, Arab Saudi. Sholat kita jadi gak sah kalau gak menghadap kiblat. Kecuali sedang berada dalam kondisi peperangan atau di atas kendaraan.

Sholat adalah kewajiban (iamproudtomuslim.blogspot.com)

Seperti yang telah dijelaskan oleh Imam Abu Ishak Ibrahim bin Ali Yusuf Al Fairuzzabadi Al Syairazi dalam kitab Al Muhadzdzab fi Fiqh Al Imam Al Syafi'i.

" Menghadap kiblat merupakan syarat sah sholat kecuali dalam dua kondisi, yakni ketika kondisi teramat bahaya (perang berkecamuk) dan sholat sunnah yang dikerjakan saat perjalanan."

Cara menentukan arah kiblat sholat gak bisa dilakukan sembarangan. Harus dilakukan dengan cara yang tepat gengs. Secara umum, posisi Negara Indonesia terhadap Kabah adalah kira-kira 112 derajat arah barat laut.

Ada pendapat yang menyatakan bahwa menghadap tepat ke arah barat sudah dianggap sama dengan menghadap kiblat.Tapi ada juga yang gak serong karena posisi Indonesia terhadap Kabah tidak tepat ke barat.

Jika posisi Kabah di Masjidil Haram dihitung dari arah utara, maka posisi Indonesia adalah sebesar 294,2 derajat. Ada banyak cara menentukan arah kiblat sholat, baik secara manual maupun modern.

Sholat harus menghadap kiblat (bahtaren.persiangig.com)

Berikut ini cara menentukan arah kiblat sholat dilansir dari Dream.com. Simak baik-baik ya.

1. Cara menentukan arah kiblat sholat dengan kompas

Kalau kamu punya kompas nih, gampang aja menentukan arah kiblat. Cara menentukan arah kiblat dengan kompas ini merupakan cara tertua namun masih sangat ampuh. Kamu tinggal melihat jarum kompasnya aja.

2. Cara menentukan arah kiblat sholat pake Google Maps

Nah, selama ada sinyal dan GPS kamu bisa banget pake Google Mpas. Gampang juga kok, tinggal buka aplikasinya aja di hp kamu. Praktis juga kayak pakai kompas. Layanan mirip dengan Qibla Locator ini memanfaatkan Google Maps untuk menentukan arah kiblat dengan mudah dari semua titik atau tempat di muka Bumi.

Caranya kamu perlu masukkan alamat, kota, atau negara tempat tinggal. Setelah itu klik tombol Cari. Maka aplikasi online ini akan memperlihatkan arah kiblat. Arah kiblat akan dilambangkan dengan garis merah, ada juga tambahan informasi tentang berapa derajat arah sebenarnya dari utara.

3. Cara menentukan arah kiblat dengan GPS

Dengan teknologi satelit, kita bisa menentukan arah kiblat menggunakan GPS. Karena GPS (Global Positioning System) merupakan sistem navigasi berbasis satelit yang didukung oleh ratusan satelit yang selalu mengorbit di luar angkasa. Bisa menentukan dengan presisi di mana kamu berada.

Kamu bisa menentukan arah kiblat sholat dengan mengadalkan GPS ini dan hasilnya juga akurat kok. Kecuali kamu gak ada sinyal atau gak ada paketan gengs. Pinjam hp temen dulu ya biar gak salah.

4. Cara menentukan arah kiblat dengan matahari



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"