Cara Memulai Investasi Meski kamu Masih Mahasiswa dan Pemula

Cara Memulai Investasi Meski kamu Masih Mahasiswa dan Pemula

Investasi lagi hits banget nih gengs. Kalau emamg kamu tertarik, harus beneran belajar dan berhati-hati. Jangan cuma ngikutin trend aja nih. Nanti bukannya untung malah buntung.

Berikut ini tips buat kamu yang mau investasi tapi masih mahasiswa atau pemula gengs. Siak baik-baik ya...

1. Tentukan Jumlah Dana Yang Tersedia Untuk Berinvestasi

Mahasiswa sering mengambil pekerjaan paruh waktu untuk mendapatkan uang saku. Kalau gak ya hanya mengandalkan uang dari orang tua. Kamu harus membaginya untuk memenuhi kebutuhan pribadi dan ngerjain tugas kampus.

Apa pun sumber penghasilan kamu cobalah untuk menentukan jumlah yang bisa kamu sisihkan setiap bulan untuk diinvestasikan. Jangan berharap banyak karena pekerja yang emag banyak uang. Namun, ingatlah bahwa sejumlah kecil yang disimpan dan diinvestasikan hari ini dapat tumbuh secara eksponensial seiring waktu.

Investasi untuk mahasiswa (information.age.com)

2. 'Time In The Market' Lebih Baik Dari 'Timing The Market'

Cara terbaik untuk menumbuhkan uang adalah dengan menginvestasikannya dan memberinya waktu. Sayangnya, ketika kebanyakan anak muda berinvestasi di pasar ekuitas, mereka mencoba menemukan saham yang dapat menawarkan keuntungan berlipat ganda dalam waktu singkat dengan mengatur waktu pembelian ketika harga saham berada pada titik terendah.

Ini bisa menjadi taktik yang kontraproduktif karena mencoba mengatur waktu pasar dapat menjadi bumerang dan investasi kamu dapat kehilangan nilai. Karenanya, pendekatan jangka panjang lebih baik. 

3. Pelajari Cara Berinvestasi

Buka rekening: Buka rekening tabungan dasar dengan persyaratan saldo rata-rata minimum. Mulailah mendepositkan tabungan (jumlah yang pengen kamu investasikan) di akun ini.

Pelajari: Pelajari tentang berbagai pilihan investasi yang tersedia seperti saham, reksa dana, emas, sekuritas pendapatan tetap, dll. Pahami risiko yang terkait dengan masing-masing opsi investasi ini dan keuntungan yang dapat kamu harapkan. 



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"