Cara Membuat Pesawat dari Kertas, Beda Banget Modelnya, Bisa Terbang Juga Lho

Cara Membuat Pesawat dari Kertas, Beda Banget Modelnya, Bisa Terbang Juga Lho

Sedari dulu sampai di era zaman now di negara +62 yang namanya pesawat dari kertas adalah favorit bagi anak-anak.

Pasalnya, selain mudah dan murah, mainan ini dapat menghibur banget. Apalagi kalau bentuknya beda sama yang lainnya. Berikut cara membuat pesawat dari kertas yang berbeda.

Master Glider

Master Glider Master Glider (bacaterus.com)

Pesawat ini adalah pesawat kertas yang memiliki tingkat kestabilan yang tinggi. Dalam proses pembuatanya diperlukan ketelitian yang tinggi.

Kamu butuh gunting dan selotip dalam membuatnya. Jadi begini nih langkah-langkahnya gengs:

Pertama-tama siapin kertas berukuran 8 x 11 inci. Kemudian, guntinglah bagian bawahnya sebanyak 2 inci. Lipat kedua sisinya jadi dua bagian lalu buka kembali. Selanjutnya, lipat bagian atas kertas tersebut sebanyak 1,5 inci lalu lipat kembali setengahnya ke arah bawah. 

Langkah selanjutnya sama seperti saat kamu membuat pesawat kertas The Eagle, yaitu membuat sayap dengan melipat kedua sisi kertasnya. Namun karena tidak ada lipatan untuk mengunci sayapnya, tempelon ke sebuah selotip di antara kedua sayapnya.

Lekukan sayapnya pada kemiringan sekitar 12 derajat. Berikan juga lipatan kecil pada kedua ujung sayapnya untuk memberikan kestabilan tambahan. Setelah selesai, terbangkanlah pesawat tersebut sedikit condong ke arah atas agar dapat terbang dengan baik.

Upside Down Glider

Upside Down Glider Upside Down Glider (bacaterus.com)

Pesawat yang berikutnya namanya Upside Down Glider, bentuknya lumayan unik. Namun biarpun begitu pesawat ini dapat terbang dengan mudah lho.

Langkah membuatnya:

First, siapin kertas berukuran 8 x 11 inci. Lalu lipat kedua sisinya secara vertikal kemudian buka kembali. Selanjutnya lipat sepertiga bagian atasnya ke arah bawah. pada lipatan tersebut, lipat kembali sepertiga bagian atasnya. 

Setelah itu balikkan pesawat itu kemudian bentuklah sayap seperti pesawat lainnya. lipat sayap tersebut sampai lipatan di bagian belakangnya timbul kembali. 

Setelah jadi, cobalah terbangkan lalu lihat manuver unik yang dibuat oleh pesawat kertas ini. Uhui.

Flying Wing

Flying Wing Flying Wing (bacaterus.com)

Pesawat lipat yang satu ini kalau pertama kali dilihat bikin ragu, apakah bisa terbang. Emangsih kalau di luar ruangan ga baik terbangnya.

Namun kalau Flying Wing diterbangkan di dalam ruangan maka akan kelihatan lumayan gengs, jadi begini cara membuatnya:

Pertama siapkan kertas 8 x 11 inci atau kertas lonjong yang biasa. Lipat kertas itu menjadi dua bagian, kemudian lipatlah kembali sepertiga bagian atasnya ke arah bawah. Setelah itu, lipat kembali seperempat bagian atasnya ke arah bawah. 

Kini, lipatlah kedua sisinya lalu lekukan di bagian tengahnya sehingga membentuk dua buah sayap. Untuk menambah tingkat kestabilan ketika terbang, lipatlah sedikit ujung sayapnya ke arah atas. 

Setelah selesai, cobalah untuk menerbangkan pesawat kertas ini dengan memberikan sedikit dorongan di udara. 

Nah jadi itulah beberapa cara membuat pesawat dari kertas yang berbeda. Yakin anak-anak pasti senang.

Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"