Cara Membuat Judul Skripsi yang Baik dan Benar Pasti Begini? Yuk Segera!

Cara Membuat Judul Skripsi yang Baik dan Benar Pasti Begini? Yuk Segera!

Nggak perlu kerumitan kok, cuma butuh menyusun struktur dengan tekun. Apa sih topik skripsimu? Udah nemu belum? Jika belum, memang rada rumit sih. Pertama yang harus kamu temukan adalah topik skripsimu dulu. Baru deh menyimak cara membuat judul skripsi yang baik dan benar ini. Udah siap?

1. Sesuai bidang studi

Tentu saja cara membuat judul skripsi yang baik dan benar adalah sesuai dengan bidang studi. Nggak mungkin kan kalo kamu studi tentang Statistik tapi bikin judul tentang puisi. Untuk mempermudah langkahmu, buatlah outline atau kerangka pikir. Banyak mahasiswa yagn tersesat karena nggak punya kerangka pikir yang tepat. 

Kerangka pikir yang tepat bisa disusun seperti jurnalis, dengan menjawab pertanyaan 5W 1 H. Apa itu? What, why, where, when, who dan how. Semakin rinci kamu menjawabnya, semakin mudah langkahmu untuk menyusunnya.

Riset sesuai bidang studi (evollution.com)

2. Gagasan atau ide sebagai headline

Gagasan atau ide yang bisa menjawab pertanyaan jurnalistik diatas harus dijadiin headline. Ini menandakan bahwa penelitian dalam skripsimu penting untuk dilanjutkan dan dilakukan. Ya, kalo nggak dianggap penting berarti siap-siap menerima kritik dan saran dari dosen.

Disini kamu mesti kuat mental. Soalnya skripsi yang kamu kerjakan menandakan seberapa dalam kamu belajar selama ini. Dan juga seberapa paham kamu sama materi studi yang sudah kamu ikuti.

3. Judul adalah sistem berpikir

Berat banget ya? Cara membuat judul skripsi yang baik dan benar enggak sebegitu berat dibanding menghabiskan banyak waktu untuk menyelesaikannya. Kalo kamu ngejalaninnya dengan terstruktur, pasti nggak berat. Jadi, judul itu menggambarkan hipotesa atau sistem berpikir. Sistem berpikir mengandung asumsi, teori, anggapan, premis dan skema. 



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"