Cara membuat baju tradisional Korea, kamu pasti bisa.

Karena kita sering melihat film korea pastinya jadi penasaran dong dengan pakaian tradisional asal Korea.

Dilansir dari situs cepatbelajarkorea.wordpress.com, "Pakaian tradisional Korea Selatan terkenal dengan sebutan Hanbok dan di Korea Utara menyebutnya Chonso-ot . Kata “Han” berarti sebutan bagi Warga Korea dan “bok” berarti pakaian."

Sebenarnya gaya pakaian tersebut mengacu pada zaman dinasti Joseon, dahulu pakaian ini biasa dipakai oleh masyarakat korea pada acara-acara fomal, semi formal, dan pada acara festival-festival tradisional.

Hanbok pada umumnya memiliki motif warna yang cerah, tidak memiliki saku dengan garis-garis yang sederhana. Pada jaman dahulu, warna pakaian memiliki arti. Arti warna pada pakaian tradisional Korea, sebagai berikut :

-Warna putih merupakan simbol kemurnian jiwa dan warna ini yang paling umum dan biasa digunakan oleh warga biasa.

Cara membuat baju tradisional Korea (kimfashionmagz.blogspot.com)

-Warna merah merupakan simbol nasib baik dan kekayaan, warna ini digunakan oleh wanita yang akan melaksanakan pernikahan.

-Warna nila merupakan simbol ketetapan dan dahulu digunakan sebagai warna rok wanita di pengadilan dan jubah resmi pegawai pengadilan.

-Warna hitam merupakan simbol ketidakterbatasan dan sumber dari penciptaan, digunakan sebagai warna topi laki-laki dan sebagai warna dasar hanbok yang digunakan wanita pada saat upacara kematian.

-Warna kuning merupakan simbol pusat alam semesta, digunakan untuk pakaian kebesaran keluarga kerajaan. Rakyat biasa dilarang mengggunakan hanbok dengan warna kuning.

Berikut cara membuat baju tradisional Korea (Hanbok) yang benar.

Part baju korea (ita-ayu-rachmawati.blogspot.com)

1. Perhatikan Partnya

Cara membuat baju tradisional Korea yang pertama adalah memperhatikan setiap bagianya, dalam hanbok terdiri dari beberapa bagian seperti, Jeogori (???) : Bagian atas hanbok,

Chima : Bagian rok hanbok, Sokbaji : Dalaman chima dengan bentuk seperti celana, Sokchima : Dalam chima dengan bentuk seperti rok, Beoseon : Kaos kaki wanita

Kalau buat prianya ada, Durumagi (pakaian luar), Baji (Celana Luar) Dan setelah memperhatikan partnya buatlah sketsa gambarnya.

Sketsa gambaran baju (hazizahlela.blogspot.com)

2. Sketsa gambaran baju

Tentunya cara membuat baju tradisional Korea tidak akan mudah bila kamu tidak membuat sketsa atau gambaran baju awal. 

Dalam fase ini kamu akan menentukan seberapa ukuran dan menyesuaikan sesuai ukuran, agar pas, tentunya dengan refrensi yang banyak dan sesuai agar jadinya tidak aneh dan sesuai.



Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna

Facebook Conversations