Cara-Cara Menentukan Arah Kiblat di Tempat Baru, Mudah dan Praktis!

Cara-Cara Menentukan Arah Kiblat di Tempat Baru, Mudah dan Praktis!

Kalian sering bingung saat mau solat di lokasi baru? Kadang bingung mau solat di tempat baru karena nggak tau arah kiblat atau arah kakbah.

Terus, gimana sih caranya menentukan arah kiblat? Berikut beberapa cara yang bisa kalian lakukan.

1. Menentukan arah kiblat dengan kompas

kompas (Tokopedia)

Untuk menentukan arah kiblat, kalian bisa pakai kompas juga. Tapi, kalian harus punya kemampuan membaca arah yang baik ya. 

Apalagi, harga kompas sangat murah. Bahkan, sekarang kalian bisa punya kompas kiblat yang langsung terpasang dengan sajadah. Alat ini bakal memudahkan kalian mikirin arah kiblat solat yang benar.

2. Menentukan arah kiblat dengan GPS

Kalian juga bisa menentukan arah kiblat dengan GPS, loh. Di manapun kalian berada, bisa banget pake GPS buat nentuin arah kiblat lengkap bersama koordinatnya. Cara nentuin arah kiblat pake GPS termasuk cara yang sangat akurat. 

3. Menentukan arah kiblat dengan matahari

matahari (metro.co.cuk)

Untuk nentuin arah kiblat secara manual dengan matahari, coba perhatikan gerak semu harian matahari. 

Ini merupakan cara termudah yang udah turun temurun dari nenek moyang. Kalo matahari terbit dari timur, kalian langsung bisa tau mana arah baratnya.

4. Menentukan arah kiblat dengan aplikasi ponsel

aplikasi kiblat (androidPIT)

Nggak perlu susah-susah lagi, jaman sekarang udah ada aplikasi ponsel untuk nentuin kiblat kok. Coba deh browsing di App Store atau Play Store. Dijamin kalian bakal nemu aplikasi buat menentukan arah kiblat.

Tapi, hati-hati aja deh. Soalnya nggak semua aplikasi itu menunjukkan arah kiblat dengan benar. Mending pilih aplikasi yang udah dikenal keakuratannya atau punya rating tinggi.

5. Menentukan arah kiblat pake jarum

Sambil belajar hukum fisika tentang medan magnet, kalian bisa pakai jarum buat melihat arah mata angin. Kalo kalian nggak punya kompas dan HP, pake aja jarum.

Caranya, tusukkan jarum di gabus atau styrofoam. Abis itu, letakkin gabus atau styrofoam ke bejana berisi air.

Ujung jarum bakal mengarah ke arah yaitu utara atau selatan. Dengan tau arah utara dan selatan, kalian akan langsung tau mana arah barat dan kiblat. Gampang kan?

Itulah beberapa cara untuk menentukan arah kiblat. Selamat mencoba!

Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"