Cara Bayar Pajak Motor Nggak Pakai Ribet, Ini Caranya Gengs!

Cara Bayar Pajak Motor Nggak Pakai Ribet, Ini Caranya Gengs!

Begini lho cara bayar pajak motor yang bener, nggak usah panik.

Motor tentunya ada di negara ini gak serta merta gratis gengs, dia juga punya pajak yang harus dibayarkan setiap tahunnya.

Lantas, bagaimana sih cara membayar cara bayar pajak motor itu? Pastinya kalian bertanya-tanya kalau pemula. Begini caranya.

Pajak Motor (tokopedia.com)

Syarat dan Langkah Pembayaran Pajak Kendaraan Bermotor

Persyaratan yang harus dilengkapi dan dibawa saat pembayaraan pajak kendaraan bermotor (satu tahunan) adalah :

  • STNK asli
  • KTP asli yang masih berlaku sesuai nama di STNK dan BPKB
  • Sejumlah uang.

Pajak Motor (shopback.id)

Syarat Langkah Bayar Pajak STNK 5 Tahunan

Untuk pajak STNK lima tahunan artinya sudah waktunya ganti plat dan ganti STNK, harus membawa ke Kantor Samsat induk. Untuk keperluan cek fisik. Langkahnya :

  • Bawa STNK dan BPKB asli beserta foto kopiannya.
  • KTP asli dan fotokopi.
  • Ambil/beli formulir cek fisik dan lakukan cek fisik kendaraan oleh petugas.

Setelah cek fisik selesai, isi formulir / berkas yang diminta tadi, setelah selesai, serahkan kepada loket pembelian formulir tadi.

Langkah selanjutnya serahkan slip pembayaran pajak yang sudah tercantun di dalamnya jumlah dan total yang harus dibayarkan.

Setelah pembayaran selesai, kamu akan diberi tanda lunas pajak yang biasanya ada di balik STNK untuk pengambilan STNK. Biasanya BPKB diberikan menyusul beberapa hari kemudian, kalau ganti BPKB bisa lama.

Pajak Motor (finansialku.com)

Biaya Pembayaran STNK dan Ganti Plat Lima Tahunan

Sekarang mari kita lihat berapa biaya pembayaran pajak STNK satu tahunan. Untuk biaya pajak STNK silakan lihat di balik STNK atau slip pajak. Itu yang harus dibayarkan. Untuk tahun 2019 terbaru ini, kamu dikenakan biaya pengesahan STNK saat ini sudah dibebaskan/gratis.

Jika ganti STNK lima tahunan, maka perhitungannya pajak motor dan mobil ditambah biaya cetak STNK motor 100.000 dan mobil serta truk 200.000. Ditambah lagi cetak plat nomor sepeda motor 60.000 untuk biaya plat mobil dan truk 200.000. Nah jika pergantian BPKB lama ke Baru untuk sepeda motor 225.000, untuk mobil dan truk 375.000.

Jadi begitulah gimana cara bayar pajak motor, sekarang udah jelas kan, kalau sudah mendekati jatuh tempo segeralah bayar dan urus ke samsat, oke gengs.

Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"