Cara Ampuh dan Mudah Hilangkan Noda Tinta pada Baju

Cara Ampuh dan Mudah Hilangkan Noda Tinta pada Baju

Terkadang seseorang akan panik jika melihat baju terkena noda tinta. Karena noda tinta yang mengotori baju biasanya cukup sulit untuk hilang walau hanya dengan sabun biasa. Tapi jangan khawatir karena ada bahan-bahan yang bisa dengan mudah kamu temukan di rumah, lho. Yuk, simak beberapa cara ampuh untuk menhilangkan noda tinta di baju berikut ini!

1. Cuka Dapur dan Sabun Cuci Piring

Tidak hanya digunakan di dalam masakan, cuka dapur juga bisa digunakan untuk menghilangkan noda tinta pada baju. Untuk memberikan hasil yang maksimal, cuka dapur perlu dicampur dengan sabun cuci piring. 

Cara menggunakan kedua bahan ini yaitu dengan mencampurkan satu sendok makan cuka dapur dan setengah sendok makan sabun cuci piring. Lalu oleskan campuran itu pada bagian baju yang terkena noda tinta. Berikutnya diamkan selam 10 menit tanpa disikat. Kemudian cucilah baju seperti biasa dengan deterjen. Pastikan noda sudah hilang sepenuhnya sebelum dikeringkan.

2. Baking Soda

Soda kue untuk membersihkan (detik.com)

Baking soda memiliki sifat penyerap dan pemutih alami sehingga bisa membantu untuk menghilangkan noda tinta. Caranya, campurkan baking soda dengan sedikit air hingga membentuk pasta. Kemudian oleskan pasta ini pada noda tinta di baju dan diamkan hingga beberapa menit untuk meresap. Setelah itu, gosok perlahan pada area noda dengan kain bersih atau tisu. Selanjutnya cuci baju seperti biasa.

3. Garam

Tidak hanya untuk menambah rasa pada masakan, garam juga bisa digunakan untuk menghilangkan noda tinta karena memiliki sifat penyerap. Caranya sangat mudah, taburkan sedikit garam pada noda tinta di baju. Diamkan beberapa menit sampai garamnya meresap. Setelah itu, gosok perlahan dengan menggunakan lap setengah basah. Ulangi sampai noda tinta di baju hilang lalu cuci seperti biasa.

4. Aseton



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"