Capek Saat Kerja? Coba Power Nap Deh, Pasti Seger Lagi

Capek Saat Kerja? Coba Power Nap Deh, Pasti Seger Lagi

Capek saat kerja? Coba power nap deh. Kalian seger lagi deh pasti.

Kalian sebenernya tau kok apa yang harus kalian lakukan saat capek kerja. Tidur jawabannya. Tapi jangan kelamaan, nanti males lagi kerjanya.

Kalian pernah denger "power nap" nggak? Ini penting nih buat kalian ketahui. Jadi, power nap adalah istirahat dalam periode singkat yang bikin tubuh jadi hidup lagi. Kenapa? Ya karena kita bisa mendapat energi yang kita keluarkan sebelumnya saat masih beraktivitas.

Power nap kuy (donkey-products.com)

Kayak tidur pada umumnya sih. Tapi, power nap tuh efektif mengatasi masalah kurang tidur yang dialami banyak orang. Entah mahasiswa yang lagi skripsian, atau pegawai yang sering ngelembur nih. Apalagi kalo jam kerjanya panjang.

Namun ... apakah power nap ini benar-benar efektif mengembalikan waktu tidur kita yang kurang?

"Ya, tidur singkat atau power nap benar-benar bekerja," jelas Rafael Pelayo, Profesor Ilmu Psikiatri dan Perilaku dari Stanford Center For Sleep Science dan Medicine, seperti dikutip dari Kompas.com.

Titik kepuasan power nap bisa dicapai dalam tidur 30-40 menit. Jadi, kalo kalian ngerasa kurang tidur, coba power nap aja dulu ... lemesin gengs. Kalian bisa dapet suntikan energi seketika.

Power nap tuh bisa memberi suntikan energi loh (mashable.com)

Power nap yang dilakukan secara rutin dan terjadwal tuh bisa mengatasi narkolepsi loh. Apa tuh? Narkolepsi adalah gangguan tidur kronis gengs, dan itu mengerikan sebenernya.

Untuk menjalani power nap, kalian perlu memperhatikan apa yang terjadi pada durasi tidur singkat tersebut. Kata Prof. Pelayo nih, biasanya tubuh kita membutuhkan waktu sekitar 90 menit untuk mencapai fase Rapid Eye Movement (REM) ... periode ketika kita biasa mengalami mimpi.

Kalo kita nggak dapet tidur cukup di malam hari, periode REM biasanya akan kelewat begitu aja. Dengan begitu, tubuh kita akan merespons langsung ke periode REM ketika kita punya kesempatan buat tidur.

Cara ini efektif buat kalian yang sering kurang tidur nih (billboard.com)

Dalam praktik ini, kalian inget baik-baik mimpi apa yang kalian milliki selama tidur singkat itu. Kalo bisa diingat mimpi itu, berarti tubuh kita "berteriak" kalo sebelumnya tidur kita emang kurang.

Power nap bakal terasa memuaskan dan bisa menutup kekurangan tidur. Tapi, kalo kita bergantung pada power nap secara rutin dan mengalami tidur nyenyak sampe bisa mimpi juga, maka kita perlu mengevaluasi jadwal tidur normal kita.

Kita juga perlu tidur lebih lama di malam hari gengs. Demi kesehatan kita. Oke.

Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"