Calon Hokage, Pria Jepang Ini Raih Gelar S2 Ninja Pertama di Dunia

Calon Hokage, Pria Jepang Ini Raih Gelar S2 Ninja Pertama di Dunia

Genichi Mitsuhashi menjadi orang pertama dengan gelar S2 Ninja di dunia. Pria asal jepang ini telah mempelajari tradisi da sejarah seorang ninja selama dua tahun. Pria yang mendapatkan julukan Hokage ini juga mempelajari dengan seksama ilmu bela diri ninja, yang memiliki ciri khas gerakan cepat dan tak terdeteksi oleh musuh.

Mitsuhashi mempelajari ilmu ninja tidak main-main dan penuh dengan dedikasi, hingga akhirnya pada 2018 memutuskan untuk mendaftarkan diri dalam program magister ilmu ninja di Mie University. Setahun sebelumnya, universitas yang terletak di Provinsi Iga - dikenal sebagai tempat tinggal para ninja - mendirikan International Ninja Research Center yang merupakan institusi pertama dan satu-satunya di dunia yang didedikasikan untuk studi ninja.

Tweet Twitter CCTV Asia Pacific (@CCTVAsiaPacific)

"Saya pernah membaca bahwa ninja bekerja sebagai petani di pagi hari dan melatih seni bela diri pada sore hari," kata Mitsuhashi. Ia pun menerapkan gaya hidup layaknya seorang ninja selama hidup di Iga, seperti menanam sayuran dan mengerjakan teknik seni bela dirinya, di samping belajar soal ninja di kelas.

Sebelumnya Mitsuhashi bukan tanpa skill, dirinya juga telah telah menguasai ilmu bela diri kung fu dan seni bela diri Jepang Shorinji Kempo secara baik. 

Dikenal karena kerahasiaan dan tingkat keterampilan yang tinggi, para ninja dikenal sebagai ahli mata-mata, sabotase, pembunuhan, dan perang gerilya yang bermula setidaknya sejak abad ke-14.

Yuji Yamada adalah seorang profesor sejarah Jepang di universitas yang bertanggung jawab atas pusat ninja, dirinya bahkan sempat terkejut dengan pengabdian Mitsuhashi yang benar-benar mempraktekkan "jalan ninja" dan mau mempelajarinya dengan penuh keseriusan.

“Kami menyediakan kelas dan kursus sejarah tentang keterampilan ninja. Tapi saya tidak berharap dia untuk terlibat secara serius sampai sejauh ini. Dia benar-benar mengabdikan hidupnya untuk ninja," ungkap Yamada.

apakah ada diantara kalian orang Indonesia tertarik mendapat gelar ini? tapi perlu diketahui bahwa siswa yang mau mendaftar, siswa harus mengikuti ujian sejarah Jepang dan ujian membaca dokumen sejarah ninja.

“Sekitar tiga siswa mendaftar setiap tahun, jadi memang ada peminatnya. Kami juga mendapat banyak pertanyaan dari luar negeri tetapi saya harus meluruskan satu hal: Ini adalah kursus untuk belajar tentang ninja, bukan untuk menjadi ninja," jelas Yamada.

Mitsuhashi kini menetap di Iga untuk menjalankan bisnis penginapannya dan mengajar seni bela diri ninja, sambil menempuh studi doktoral alias S3 dalam ilmu ninja.    

Bagaimana sangat menarik bukan kisah dari Mitsuhashi pria asal Jepang yang mampu mendapatkan gelar S2 ninja, apakah kalian tertarik dan mencoba ingin mengikuti jejaknya di jalan ninja.

Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"