Buntut Panjang Kasus dengan Kartika Putri, Dokter Richard Lee Ditetapkan Tersangka

Buntut Panjang Kasus dengan Kartika Putri, Dokter Richard Lee Ditetapkan Tersangka

Dokter Richard Lee dijemput paksa oleh petugas kepolisian di kediamannya di Palembang, Sumatera Selatan, pada Rabu (11/8/2021) kemarin. Kini, dia telah ditetapkan sebagai tersangka terkait kasus pencemaran nama baik yang dilaporan Kartika Putri.

Kabar penetapan tersangka Richard Lee diungkapkan kuasa hukumnya, Razman Arif Nasution dalam jumpa pers di Palembang yang videonya diposting di akun Instagramnya. Dia bingung karena merasa kliennya diperlakukan kurang baik seperti melakukan tindak pidana kejahatan besar.

"Langsung dilakukan penangkapan ada apa? Kalau dia menghina kepala negara, menghina simbol negara, berbahaya bagi negara ya silakan. Itu pun ada kewajiban untuk memberikan hak-hak dia," kata Razman penuh emosi.

Dia merasa aneh atas kasus yang terjadi pada kliennya. Tiba-tiba saja Richard Lee ditangkap secara paksa tanpa ada pemberitahuan ihwal penetapannya sebagai tersangka baik kepada terlapor ataupun tim kuasa hukum. Razman menegaskan bahwa seorang tersangka memiliki hak untuk didampingi pengacara.

Buntut Panjang Kasus dengan Kartika Putri, Dokter Richard Lee Ditetapkan Tersangka (Tempo.co)

"Surat perintah penangkapan tanggal 11-12. Seperti diburu, saya nggak ngerti. Anda ngerti nggak seorang tersangka wajib didampingi lawyer," tuturnya.

Razman Arif Nasution juga menyayangkan sikap penyidik yang tidak memberikan penjelasan memadai terhadap tim kuasa hukum ataupun kepada keluarga Richard Lee. Alhasil, ia sebagai pengacara mengaku tidak tahu kliennya dibawa ke Polda Metro Jaya menggunakan jalur darat atau udara.

Kabar penangkapan Richard Lee diketahui publik lewat unggahan video Instagram Reni Effendi. Dalam video itu, tampak dokter Richard memberontak tidak mau dibawa keluar dari rumahnya oleh sejumlah petugas. Ia bahkan sempat beralasan mau ke toilet tapi sejumlah petugas tetap membawanya keluar.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"